Info

Cukup Mandi 2 Kali Sehari, Ini 5 Dampak Buruknya Bila Berlebihan!

Mandi lebih dari 2 kali sehari bukannya membuat tubuh bersih, tetapi justru menyebabkan beberapa dampak buruk.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi keramas dan mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas dan mandi. (Shutterstock)

Himedik.com - Umumnya, orang mandi dua kali sehari. Tapi, Anda mungkin pernah mandi lebih 2 kali setiap kali berkeringat atau kepanasan.

Anda mungkin mengira mandi lebih dari dua kali sehari itu sangat baik untuk menjaga kebersihan. Faktanya, terlalu sering mandi memakai sabun dan terlalu banyak menghabiskan waktu di kamar mandi bisa Merusak kulit, rambut dan kesehatan reproduksi Anda.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, ada beberapa bukti mandi lebih dari dua kali sehari bukanlah pilihan terbaik untuk kesehatan dan pernampilan Anda.

1. Rambut lebih berminyak

Rambut Anda akan terlihat indah setiap kali selesai keramas. Tapi, keramas terlalu sering justru membuatnya lebih berminyak. Setiap kali Anda keramas pakai sampo, itu akan mengeringkan kulit kepala dan menyebabkan kulit kepela mengeluarkan lebih banyak sebum.

Jika Anda memiliki kebiasaan keramas setiap hari, kulit kepala akan terus-menerus memproduksi lebih banyak minyak untuk mencegah kulit kepala kering. Pada akhirnya, rambut menjadi lebih cepat berminyak.

Ilustrasi rambut.(Pixabay/Monsterkoi)
Ilustrasi rambut.(Pixabay/Monsterkoi)

2. Kulit ke wajah kering

Meskipun jarang mandi itu jorok dan tidak baik untuk kesehatan kulit. Tapi, mandi Terlalu sering juga justru lebih berdampak buruk pada kulit. Sabun mandi dan air hangat akan menghilangkan bakteri sehat dan minyak esensial dari kulit.

Padahal minyak ini membantu kulit terlihat tetap awet muda dan bercahaya. Beberapa ahli kulit merekomendasikan Anda untuk mandi sebanyak 2-3 kali seminggu guna mencegah kulit gatal dan terlalu kering.

3. Rambut berketombe

Sekarang ini banyak sampo yang mengklaim bebas ketombe. Tapi, kerama menggunakan sampo anti ketomber terlalu sering justru akan bekerja sebaliknya.

Keramas secara berlebihan bisa menyebabkan kulit kepala menjadi gatal dan teriritasi. Pada akhirnya, rambut akan berketombe dan memicu kerontokan rambut.

4. Kulit lebih sensitif

Mandi air hangat memang terasa menyenangkan dan menjauhkan dari bakteri jahat. Tapi, terlalu sering mandi air hangat bisa mengganggu mikrobioma kulit yang menyebabkan kulit teriritasi, pecah-pecah dan Kemerahan.

5. Mengganggu kesehatan reproduksi

Keseringan mandi menggunakan sabun juga bisa mempengaruhi tingkat pH yang sehat pada organ intim Anda. Kebiasaan ini akan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri, iritasi dan mempengaruhi kesehatan reproduksi.

Berita Terkait

Berita Terkini