Info

5 Gejala Asam Lambung yang Perlu Diperhatikan

Jika anda merasakan beberapa gejala asam lambung berikut secara terus-menerus, segera hubungi dokter untuk memutuskan tindakan selanjutnya.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi sakit perut (shutterstock)
ilustrasi sakit perut (shutterstock)

Himedik.com - Penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Dikutip dari Healthline, penyakit asam lambung  terjadi pada bagian saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Sebenarnya kenaikan asal lambung merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun, kenaikan yang terlalu ekstrem bisa membuat nyeri pada ulu hati atau mulas pada area dada bagian bawah.

Perhatikan lima gejala berikut untuk mengidentifikasi penyakit asam lambung.

1. Batuk Kering

Gejala asam lambung yang paling umum terjadi adalah mengalami batuk kering terus-terusan. Gejala batuk ini bisa dialami siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Batuk kering adalah reaksi alami tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari zat asing termasuk asam lambung.

2. Sakit Tenggorokan

Asam lambung naik bisa mengakibatkan iritasi pada tenggorokan. Akibatnya tenggorokan sering merasa sakit pada tenggorokan, suara serak, seperti ada benjolan, atau mengalami radang. Segera periksakan diri ke dokter apabila anda mengalami gejala sakit tenggorokan tersebut.

3. Regurgitasi

Regurgitasi adalah perasaan adanya cairan makanan yang tidak bisa tertelan. Sebaliknya cairan tersebut dan cairan asam lambung justru bergerak ke bagian atas atau menuju kerongkongan.

Gejala regurgitasi pada penyakit asam lambung ini bisa mengakibatkan penderitanya muntah. Terlebih bagi bayi dan anak-anak, regurgitasi bisa terjadi berulang kali.

4. Mulut Terasa Asam atau Pahit

Jika naiknya asam lambung dari perut melewati belakang tenggorokan sampai mulut, anda bisa merasakan asam atau pahit di lidah. Beberapa penderita juga menyebutkan rasa asam atau pahit di mulut ini diikuti timbulnya rasa panas mirip terbakar di tenggorokan dan mulut.

5. Dispepsia

Dispepsia adalah masalah pencernaan yang membuat perut bagian tengah atau atas tidak nyaman. Dispepsia biasanya ditandai dengan mual, mulas, sendawa, hingga muntah berkali-kali.

Jika anda merasakan beberapa gejala asam lambung di atas secara terus-menerus segera hubungi dokter untuk memutuskan tindakan selanjutnya.

Terlebih jika gejala tersebut terlihat lebih parah seperti sampai berkeringat terus-terusan, sesak napas, dan rasa nyeri di seluruh badan. Jika terlambat ditangani, gejala asam lambung juga bisa berakibat fatal.

(Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini