Info

Jangan Minum 2 Suplemen Ini Bersamaan, Ahli Ungkap Risikonya!

Ahli menyarankan semua orang untuk tidak asam mengonsumsi 2 atau lebih suplemen secara bersamaan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi suplemen (Pixabay/Bru-nO)
Ilustrasi suplemen (Pixabay/Bru-nO)

Himedik.com - Suplemen memang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mengurangi stres.

Tapi, apotekes Scott McDougall (MPharm) memperingatkan bahwa konsumsi beberapa suplemen secara bersamaan bisa membahayakan kesehatan.

McDougall mengatakan mencampur suplemen minyak ikan Omega-3 dan Ginkgo biloba untuk dikonsumsi bersamaan bisa membahayakan kesehatan.

Ginkgo biloba adalah suplemen tradisional China yang bisa membantu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah.

Konsumsi kedua suplemen itu secara bersamaan berbahaya, karena Ginkgo biloba dan minyak ikan Omega-3 berpotensi mengencerkan darah Anda.

"Artinya, minum dua suplemen itu bersamaan bisa mengurangi kemampuan darah untuk menggumpal atau menyebabkan pendarahan tidak terkendali," kata McDougall dikutip dari Express.

Karena itulah, McDougall tidak merekomendasikan konsumsi ginkgo biloba dan minyak ikan Omega-3 secara bersamaan. Ada pula batasan mengonsumsi kedua suplemen itu setiap harinya.

Ilustrasi vitamin dan mineral. (Shutterstock)
Ilustrasi vitamin dan mineral. (Shutterstock)

McDougall menunjukkan bahwa suplemen bisa berinteraksi satu sama lain. Meskipun sejumlah besar suplemen bisa dikonsumsi bersamaan, minyak ikan Omega 3 dan Ginkgo biloba bukanlah salah satunya.

"Orang-orang juga memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Jadi, tubuh mereka mungkin kekurangan atau kelebihan suplemen tertentu," katanya.

Artinya, ada beberapa suplemen yang memang harus dikonsumsi seseorang setiap harinya dan pasti berbeda dengan orang lainnya. Karena, kebutuhan suplemen setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung kondisinya.

Hal terpenting adalah Anda harus memantau jumlah suplemen harian yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Anda harus tahu berapa banyak suplemen yang harus dikonsumsi setiap harinya.

Jika Anda ingin mengonsumsi 2 suplemen yang berbeda, coba konsultasikan dengan dokter lebih dulu. Dokter akan lebih tahu kebutuhkan tubuh Anda dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Jangan Anda kita mengonsumsi beberapa suplemen bersamaan akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Konsumsi suplemen tertentu bersamaan justru akan menurunkan manfaatnya.

"Vitamin D, E dan K adalah suplemen yang bermanfaat. Vitamin D membantu menjaga kesehatan gigi, tulang dan otot, Vitamin E memperkuat sistem kekebalan dan membantu menjaga kesehatan mata serta kulit. Sedangkan, vitamin F meningkatkan fungsi kardiovaskular," kata McDougall.

Tapi, mengonsumsi semua vitamin itu secara bersamaan bisa mengurangi efektivitasnya. Ia menyarankan untuk memberi jeda setiap 2 jam, jika Anda ingin mengonsumsinya bersamaan.

Berita Terkait

Berita Terkini