Info

Hati-hati Kekurangan Vitamin C, Ini Efeknya Pada Kesehatan Tubuh!

Kekurangan vitamin C bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit dan fisik.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi vitamin C. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi vitamin C. (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Kesehatan tubuh yang baik membutuhkan asupan nutrisi dan mineral. Vitamin C menjadi salah satu nutrisi yang paling penting untuk kesehatan tubuh.

Selain bertanggung jawab atas pembentukan kolagen yang tepat dalam tubuh, kolagen juga penting untuk perkembangan tulang, kesehatan pembuluh darah, dan penyembuhan luka.

Karena itulah, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan banyak penyakit dan komplikasi. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

1. Kudis

Penyakit kudis adalah penyakit yang paling menonjol terkait dengan kekurangan vitamin C.

Hal ini menunjukkan kekurangan vitamin C dalam makanan, yang bisa menyebabkan memar, gusi berdarah, kelemahan, kelelahan, ruam dan banyak lagi.

Ilustrasi masalah kulit karena kekurangan vitamin C. (Shutterstock)
Ilustrasi masalah kulit karena kekurangan vitamin C. (Shutterstock)

Tanda-tanda peringatan dini mungkin termasuk kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, nafsu makan berkurang, lekas marah dan nyeri sendi.

Jika tidak diobati, kondisi ini bisa menyebabkan anemia, radang gusi, pendarahan kulit, dan lainnya.

2. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah ketika kelenjar tiroid mengeluarkan hormon berlebih. Vitamin C bersama dengan nutrisi lainnya penting untuk kesehatan tiroid.

Kekurangan vitamin C berkepanjangan dapat menyebabkan kelebihan sekresi hormon dari kelenjar tiroid, yang menyebabkan hipertiroidisme.

Gejalanya berupa penurunan berat badan yang tidak disengaja, jantung berdebar-debar, nafsu makan meningkat, gugup, tremor, perubahan pola menstruasi pada wanita dan banyak lagi.

3. Anemia

Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi, yang sangat penting untuk mencegah penyakit seperti anemia. Anemia merupakan penurunan jumlah atau kualitas sel darah merah dalam tubuh Anda.

Gejala kondisi ini termasuk kelelahan, pucat, sesak napas, pusing, penurunan berat badan dan banyak lagi.

4. Gusi berdarah

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan gigi. Tak hanya memperkuat gigi, tetapi juga melindungi gusi. Karena itu, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan penyakit gusi.

5. Penyakit kulit

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan memainkan peran kunci dalam produksi kolagen, protein yang berlimpah di jaringan ikat seperti kulit, rambut, sendi, dan penting untuk kesehatan kulit.

Kekurangan vitamin C juga dikenal sebagai penyakit kudis yang bisa menyebabkan lesi kulit. Gejala awal termasuk bintik-bintik perdarahan subkutan kecil.

Berita Terkait

Berita Terkini