Info

Hati-hati, 4 Obat Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Berlebihan!

Obat ini jika dikonsumsi berlebihan bisa merusak ginjal.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi obat. (pixabay/Vacho)
Ilustrasi obat. (pixabay/Vacho)

Himedik.com - Mengonsumsi obat secara terus-menerus diyakini dapat merusak ginjal. Sebab, setiap obat yang diminum akan melewati ginjal.

Sayangnya banyak orang dengan kondisi kronis tertentu harus selalu mengonsumsi obat dalam jangka panjang agar penyakit mereka tidak semakin parah.

Menurut National Kidney Foundation yang berbasis di Amerika Serikat, apabila obat tidak dikonsumsi mengikuti anjuran dokter, atau obat yang minum adalah ilegal, maka dapat menyebabkan cedera pada ginjal.

Berikut beberapa obat yang cukup berbahaya bagi ginjal:

1. Obat pereda nyeri

Ginjal bisa rusak jika seseorang mengonsumsi banyak obat bebas, seperti aspirin, naproxen, dan ibuprofen. Obat-obatan ini tidak seharusnya diminum setiap hari atau secara teratur tanpa anjuran dokter terlebih dahulu.

Ilustrasi obat. (Elements Envanto)
Ilustrasi obat. (Elements Envanto)

2. Antibiotik

Antibiotik bisa berbahaya jika tidak dikonsumsi dengan benar. Orang dengan penyakit ginjal perlu mengonsumsi antibiotik dalam jumlah lebih sedikit daripada orang dengan ginjal sehat.

3. Obat pencahar resep

Secara umum, obat pencahar yang dijual bebas aman bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa resep obat pencahar yang digunakan untuk membersihkan usus (biasanya sebelum kolonoskopi) bisa berbahaya bagi ginjal.

4. Obat-obatan ilegal

Kebanyakan obat-obatan jalanan, termasuk heroin, kokain dan ekstasi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, gagal jantung dan bahkan kematian.

Dalam beberapa kasus, hanya memerlukan satu kali penggunaan untuk mendapat efek tersebut.

Kokain, heroin dan amfetamin (sabu-sabu) juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Berita Terkait

Berita Terkini