Info

Waspada, 3 Penyakit pada Kucing Ini Bisa Menular ke Manusia

Penting untuk memahami risiko infeksi sehingga bisa mengambil tindakan pencegahan sebelum terkena.

Rosiana Chozanah

ibu hamil dengan kucing (shutterstock)
ibu hamil dengan kucing (shutterstock)

Himedik.com - Kucing peliharaan umumnya memiliki kondisi kesehatan yang baik karena sering diperhatikan oleh pemiliknya. Tetapi ada beberapa orang senang mengadopsi kucing liar dari jalanan, yang kondisi kesehatannya belum diketahui.

Kontak dengan kucing, termasuk gigitan dan cakar kucing dapat menyebabkan infeksi pada manusia. Terutama dari kucing liar.

Jadi, penting bagi Anda untuk memahami risiko infeksi sehingga bisa mengambil tindakan pencegahan sebelum terkena.

Berdasarkan Verywell Health, berikut infeksi pada kucing yang bisa menular ke manusia:

1. Kurap

Kucing bisa terkena kurap (dermatophysis) yang disebabkan oleh jamur. Tanda infeksi ini adalah adanya bercak bersisik di kulit, tetapi biasanya tidak terlihat karena tertutup bulu.

Anak-anak yang memegang kucing yang menderita kurap dapat dengan mudah tertular.

Infeksi jamur ini lebih mungkin terjadi pada anak kucing, kucing tua, atau kucing yang sakit. Kucing dengan bulu panjang atau hidup dengan banyak kucing lainnya juga berisiko tinggi terinfeksi jamur kulit.

Ilustrasi kucing telon (pexels/cottonbro)
Ilustrasi kucing telon (pexels/cottonbro)

2. Salmonella

Kucing dapat menyebarkan bakteri salmonella ke manusia. Gejala infeksi ini pada manusia adalah demam, sakit perut, muntah, hingga diare. Sementara kucing mungkin tidak memiliki gejala salmonella.

Selain itu, berhati-hati dengan kotoran kucing. Infeksi akibat kontaminasi kotoran kucing dapat menyebabkan diare pada manusia.

3. Toksoplasmosis

Toksoplasmosis disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Infeksi ini umumnya bisa sembuh sendiri. Tetapi terkadang penderitanya akan mengalami gejala seperti flu dan kelenjar yang membengkak.

Pada beberapa orang, infeksi ini dapat menyebabkan penglihatan kabur jangka panjang dan sakit mata.

Apabila ibu hamil terinfeksi parasit ini, maka akan menyebabkan cacat lahir serius. Penyakit ini juga sangat serius bagi orang-orang yang kekebalannya terganggu, dan dapat menyebabkan infeksi otak pada orang-orang yang mengidap AIDS.

Manusia bisa terinfeksi parasit ini jika makan tanpa mencuci tangan setelah membersihkan kotoran kucing atau dari makanan yang tidak dibersihkan atau dimasak matang setelah terkontaminasi kotoran kucing.

Berita Terkait

Berita Terkini