Info

Hati-hati, Tes Mata Rutin Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan Tubuh

Tes mata rutin bisa membantu mendeteksi masalah kesehatan tubuh lainnya.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi mata - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi mata - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Baru-baru inim para ahli menemukan bahwa kondisi mata seseorang bisa menggambarkan masalah kesehatan tubuh lainnya.

Karena itu, NHS merekomendasikan semua orang untuk melakukan tes kesehatan mata setiap 2 tahun sekali. Sayangnya, banyak orang mengabaikan kesehatan matanya dan mungkin tidak peduli dengan risiko menurunkan penglihatan mereka.

Tapi, para ahli mengatakan Anda harus rutin melakukan tes kesehatan mata dan mungkin lebih sering jika menderita diabetes, usia 40 tahun ke atas dengan riwayat glaukoma, dan orang usia 70 tahun ke atas.

Jika ada anak-anak Anda yang memakai kacamata, mereka juga harus menjalani tes kesehatan mata lebih sering.

Menurut Giles Edmonds, direktur layanan klinis Specsavers, tes mata sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Sebab, tanda-tanda masalah kesehatan lainnya mungkin akan terdeteksi setelah pemeriksaan mata.

Ilustrasi mata. (Pixabay/puhhha)
Ilustrasi mata. (Pixabay/puhhha)

Berikut ini dilansir dari The Sun, beberapa masalah kesehatan yang bisa tergambarkan melalui mata

1. Glaukoma

Glaukoma adalah suatu masalah kesehatan yang sering diawali tanpa gejala dan akan berkembang secara bertahap. Edmonds mengatakan glaucoma salah satu penyebab utama kebutaan.

Tapi, penyakit ini bisa dikelola dengan baik bila bisa terdeteksi lebih awal. Salah satu caranya adalah pemeriksaan mata teratur, terutama pada orang yang berisiko tinggi dan Lansia.

Specsavers menggunakan peralatan diagnostik canggih yang disebut OCT (Optical Coherence Tomography) untuk memeriksa mata secara lebih rinci dan mampu mendeteksi kerusakan pada saraf optik yang merupakan ciri khas glaukoma.

2. Retinopati diabetik

Pada tahap awal, retinopati diabetik biasanya tidak menimbulkan gejala yang nyata. Tapi, Anda bisa mendeteksinya melalui pemeriksaan kesehatan mata secara rutin. Karena, kondisi ini bisa mempengaruhi pembuluh darah kecil di mata dan Merusak retina.

3. Tekanan darah tinggi

Tes kesehatan mata juga bisa membantu Anda mendeteksi gejala tekanan darah tinggi. Karena, tes ini membantu memperlihatkan pembuluh darah di sekitar mata Nampak menyempit atau tidak.

Selain itu, Anda juga perlu waspada bila memiliki bintik merah di bagian depan mata. Karena, hal ini juga bisa menjadi tanda tekanan darah tinggi.

4. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi terjadi ketika terlalu banyak zak lemak yang disebut kolesterol berada di dalam darah. NHS mengatakan bahwa kondisi ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak dan tidak olahraga.

Jika Anda memiliki floaters, yakni bintik-bintik dalam penglihatan Anda yang biasanya terlihat seperti spek hitam atau abu-abu bisa menjadi pertanda kolesterol tinggi.

Tanda lain dari kolesterol tinggi yang bisa dideteksi di mata adalah cincin berwarna biru. Cincin ini biasanya akan muncul di sekitar iris seiring bertambahnya usia.

5. Penyakit kuning

Penyakit kuning terjadi hemoglobin (bagian dari darah yang membawa oksigen) terurai menjadi bilirubin dan tidak dibersihkan dari tubuh. Kemudian, ini akan berpindah dari hati ke saluran empedu.

Tapi, mata yang menguning diikuti dengan perubahan warna kulit yang menguning juga bisa menandakan masalah kesehatan pada hati, kantong empedu atau pankreas.

Berita Terkait

Berita Terkini