Info

Jangan Diabaikan, 5 Jenis Sakit Perut Ini Bisa Jadi Tanda Kondisi Serius!

Ada beberapa jenis sakit perut yang bisa menjadi pertanda masalah kesehatan serius, seperti kanker.

Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi sakit perut (shutterstock)
ilustrasi sakit perut (shutterstock)

Himedik.com - Kebanyakan orang mengabaikan sakit perut karena mengira bukan masalah kesehatan serius. Tapi, sakit perut bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan serius, seperti kanker usus.

Karena itu, Anda bisa konsultasi dengan dokter ketika mengalami sakit perut yang disertai dengan gejala lainnya.

Berikut ini dilansir dari The Sun, beberapa sakit perut yang tidak boleh diabaikan.

1. Sakit perut yang disertai berdarah ketika BAB

Dr Sarah Jarvis, direktur di Patient Access mengatakan salah satu penyebab serius buang air besar (BAB) berdarah adalah kanker usus. Gejala ini merupakan salah satu tanda peringatan bahwa Anda harus segera konsultasi dengan dokter.

Gejala kanker usus biasanya juga disertai nyeri di perut, perubahan kebiasaan toilet normal, benjolan di bagian anus, mengejan dan BAB berdarah.

Ilustrasi sakit perut. (Pixabay)
Ilustrasi sakit perut. (Pixabay)

2. Sakit perut yang disertai nyeri

Dr Jarvis mengatakan bahwa rasa sakit yang mendadak dan tajam bisa menjadi gejala dari sejumlah kondisi yang tidak menyenangkan.

Dr Jarvis mengatakan rasa sakit yang mendadak dan sangat parah lebih mungkin menandakan sesuatu yang serius, sehingga lebih baik konsultasikan dengan dokter.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh batu ginjal, radang usus buntu, ulkus berlubang, kehamilan ektopik, dan obstruksi usus.

3. Sakit perut disertai demam

Demam sering menunjukkan infeksi atau peradangan dalam tubuh. Tapi, sakit perut yang disertai demam bisa disebabkan oleh radang usus buntu, keracunan makanan atau penyakit perut, infeksi pada kandung empedu, divertikulitis, dan infeksi panggul pada wanita atau abses di rongga perut.

4. Sakit perut jangka panjang

Penyebab paling umum dari sakit perut adalah nyeri haid pada wanita dan gangguan pencernaan.

Umumnya, gangguan pencernaan menyebabkan rasa sakit yang membakar di bagian atas perut, sering disertai kembung, bersendawa dan merasa sakit.

5. Sakit perut disertai penurunan berat badan

Sakit perut yang disertai penurunan berat badan tanpa penyebab jelas bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius, seperti kanker, pankreatitis, IBD, yakni Crohn's atau Colitis.

Berita Terkait

Berita Terkini