Info

Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Makan Buah Plum Setiap Hari!

Makan buah plum dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Shevinna Putti Anggraeni

Buah plum (unsplash)
Buah plum (unsplash)

Himedik.com - Tekanan darah tinggi salah kondisi yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, gagal jantung dan demensia yang mengancam jiwa.

Anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan berbagai cara, seperti olahraga dan jaga pola makan. Tapi, konsumsi satu makanan manis juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kolaborasi antara para ilmuwan di Shifa College of Medicine menyelidiki efek perlindungan kardiovaskular dari buah plum. Ada 259 relawan yang mengambil bagian dalam uji klinis terkontrol plasebo.

Para peserta diklasifikasikan memiliki pra-hipertensi, karena hasil tekanan darah sistolik mereka berkisar antara 120 hingga 139 mmHg. Sedangkan, hasil tekanan darah diastolik mereka berkisar antara 80-89 mmHg.

Dalam penelitian ini, orang-orang dalam kelompok kontrol harus mengonsumsi segelas air putih di pagi hari dengan perut kosong dan kelompok uji klinis yang harus minum jus plum dan camilan manis.

Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)
Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

Setiap kelompok pun selalu memeriksa tekanan darah mereka setiap 2 Minggu selama 2 bulan. Selain itu, peneliti juga mengambil sampel darah mereka pada minggu ke-0 dan minggu ke-8.

Hasilnya, ada penurunan tekanan darah yang cukup signifikan di antara mereka yang mengonsumsi 3 buah plum setiap harinya. Menariknya, orang dalam kelompok buah plum memiliki kadar kolesterol dan lipoprotein yang lebih rendah dibandingkan kelompok yang minum air putih.

Temuan ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa buah plum memiliki efek perlindungan kardiovaskular.

Plum adalah buah yang memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih hingga manis. Plum bisa disimpan di lemari selama sekitar 6 bulan dan disimpan di kulkas dalam wadah yang rapat selama hampir setahun.

Apalagi dilansir dari laman Express, buah plum juga merupakan sumber terbaik dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, mangan, tembaga, vitamin B6, dan kalium.

Selain penelitian yang menunjukkan efek menguntungkannya pada otot jantung, antioksidan dalam buah plum juga bisa membantu menjaga kepadatan tulang yang sehat.

Selain itu, buah plum juga kaya akan asam neoklorogenik (asam 3-caffeoylquinic) dan asam klorogenat (asam 5-caffeoylquinic), dua antioksidan yang bisa membantu menurunkan glukosa darah. Sayangnya, buah plum yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi ini bisa menyebabkan diare.

Anda juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan olahraga, kurangi minum alkohol dan tidak merokok. NHS mengklarifikasi bahwa olahraga sangat penting untuk menurunkan tekanan darah Anda dalam jangka panjang.

Selain menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, olahraga juga dapat menurunkan gula darah, kolesterol, dan risiko yang terkait dengan obesitas.

Berita Terkait

Berita Terkini