Info

Wanita Ini Melahirkan Bayi 6 Kilo Lebih Setelah 19 Kali Keguguran!

Bayi ini lahir dengan berat lebih dari 6,3 kilogram dan panjang kurang lebih 60,3 sentimeter.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi ibu gendong bayinya. (Pixabay/blankita_ua)
Ilustrasi ibu gendong bayinya. (Pixabay/blankita_ua)

Himedik.com - Setelah mengalami 19 kali keguguran, akhirnya pasangan asal Arizona memiliki anak baru yang lahir dengan tubuh berukuran besar. Bayi mereka lahir dua minggu lebih awal dari hari perkiraan lahir atau HPL.

Berdasarkan laporan Insider, pasangan ini memberi nama Finley, yang lahir dengan berat lebih dari 6,3 kilogram dan panjang kurang lebih 60,3 sentimeter.

Besarnya sang bayi membuat anggota pasangan ini terkejut.

"Aku belum pernah melihat bayi sebesar itu," kata ibu dari Finley, Cary Patonai.

Bayi yang lahir dengan ukuran besar dinamakan makrosomia, dan sekitar 9% bayi di seluruh dunia mengalami hal ini. Biasanya bayi makrosomia lahir di atas berat 3,9 kilogram.

Finley (YouTube)
Finley (YouTube)

Umumnya, kondisi ini biasanya terjadi pada ibu penderita diabetes, obesitasm atau mengalami peningkatan berat badan berlebih selama kehamilan.

Makrosomia dapat menyebabkan masalah, seperti robekan dan pendarahan berlebihan setelah melahirkan, terutama jika dilahirkan pervaginam. Sementara Finley dilahirkan secara operasi caesar.

Menurut Mayo Clinic, bayi berisiko rentan terhadap obesitas dan gangguan metabolisme.

Untungnya, Finley tumbuh sehat. Dokter menduga perawakan besatnya itu disebabkan oleh keturunan.

Meski sekarang Finley berusia kurang dari dua minggu, ia sudah mengenakan pakaian untuk anak berusia 6 hingga 8 bulan. Dia juga minum ASI dua kali lipat lebih banyak daripada bayi baru lahir lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini