Info

Selain Bikin Kenyang, Ketahui 4 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Pisang menjadi salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Yasinta Rahmawati

Makan pisang 2 kali sehari memberikan banyak manfaat tak terduga pada tubuh (Pixabay/stevepb)
Makan pisang 2 kali sehari memberikan banyak manfaat tak terduga pada tubuh (Pixabay/stevepb)

Himedik.com - Selain mudah ditemukan, buah pisang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya mulai dari kesehatan jantung, mengontrol gula darah, melancarkan pencernaan, dan masih banyak lagi.

Mengutip dari Insider, satu buah pisang menawarkan 110 kalori tanpa lemak. Tak hanya itu saja, ada beberapa sumber lain yang juga ditawarkan dari buah pisang, antara lain:

  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 28 gram
  • Gula 15 gram
  • Serat: 3 gram
  • Potassium: 450 milligram
  • Magnesium: 32 milligram
  • Vitamin C: 10,3 milligram
  • Vitamin B6: 0,4 milligram

Dari sumber tersebut, menurut Konsultan Nutrisi Bersertifikat Lisa Richards, pisang terkenal karena kandungan potasiumnya. Tak hanya itu, vitamin dan mineral juga memiliki peran penting dalam buah pisang.

“Pisang juga menyediakan sumber B6 dan serat yang signifikan, yang memainkan peran penting dalam fungsi tubuh seperti mengurangi kolesterol dan menjaga keseimbangan,” ungkapnya.

Tentunya, ada empat manfaat lain jika Anda mengonsumsi buah pisang. Berikut lima manfaatnya.

Mampu mengatur gula darah

Bagi penderita prediabetes atau diabetes, ada kabar baik untuk menangkal penyakit tersebut. Salah satunya, pisang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Pisang mengandung pektin dan pati resisten, di mana ini berkontribusi dalam menurunkan gula darah.

Lisa Richards mengatakan, serat larut pada pisang ini dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, mencegah makan berlebihan, serta memperlambat laju pencernaan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan kalium pada pisang ini disebut dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium. Selain itu, kalium juga memantau cairan di dalam sel, di mana ini memiliki hubungan dorong-tarik dengan natrium, yang mampu mengontrol cairan di luar sel. Karena itu, kandungan ini disebut dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Berbeda jika kadar kalium Anda sedikit atau terlalu banyak, sehingga ini dapat meningkatkan risiko pada masalah kesehatan. Antara lain serangan jantung dan juga stroke.

Membantu menurunkan berat badan

Pisang disebut dapat menurunkan berat badan Anda. Ketika pisang menjadi santapan camilan Anda sehari-hari, ini memiliki kandungan pati resisten, serta karbohidrat yang membantu Anda menghasilkan lebih banyak serotonin, yang juga membantu mengatur metabolisme serta tingkat energi Anda.

Mampu melancarkan pencernaan

Untuk meningkatkan kesehatan usus, pisang disebut mampu mengatasi masalah tersebut. Seperti pisang matang misalnya, di mana pisang ini mengandung serat tidak larut yang menyerap dan memproses nutrisi. Sedangkan serat larut berkontribusi pada massa lunak tubuh, sehingga kandungan itu mampu membersihkan racun dari sistem pencernaan Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini