Info

Dorce Gamalama Alami Sakit Saat Buang Air Kecil, Ini 4 Penyebabnya!

Dorce Gamalama sempat mengeluh sakit ketika buang air kecil yang bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Transformasi Dorce Gamalama. (Instagram/dg_kcp)
Transformasi Dorce Gamalama. (Instagram/dg_kcp)

Himedik.com - Dorce Gamalama sempat mengeluh sakit dada sebelah kanan dan sakit ketika buang air kecil sebelum dilarikan ke rumah ssakit Pertamina pada Minggu (24/10/2021).

Penyanyi Hetty Sunjaya mengatakan Dorce Gamalama mengeluhkan itu semua setelah mengisi acara penggalangan dana. Kala itu, wajah Dorce terlihat pucat dan kondisi tubuhnya sudah tak berdaya.

"Nggak tahu mengeluh dadanya sebelah kanan sakit, buang air kecil sakit," kata Hetty Sunjaya saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon, Selasa (26/9/2021).

Kini, Dorce Gamalama pun masih terbaring lemah di rumah sakit, karena dokter masih perlu mengamati kondisinya yang mengalami bengkak di wajah dan tangan.

Di samping itu, sakit ketika buang air kecil adalah salah satu pertanda adanya masalah pada saluran kemih. Rasa sakit ini bisa berupa rasa nyeri, rasa ketidaknyamanan pada jalur keluarnya urine, di belakang tulang kemaluan, kandung kemih atau prostat.

Ruben Onsu menjenguk Dorce Gamalama di rumah sakit. [Instagram]
Ruben Onsu menjenguk Dorce Gamalama di rumah sakit. [Instagram]

Sakit ketika buang air kecil lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Pada pria, rasa sakitnya mungkin lebih sering dialami oleh pria lansia. Selain itu, rasa sakit ini juga bisa disertai dengan dorongan ingin buang air kecil yang lebih sering.

Berikut ini dilansir dari Alodokter, beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan seseorang merasa sakit ketika buang air kecil.

1. Infeksi saluran kemih (ISK)

ISK bisa menyebabkan seseorang kesakitan buang air kecil, yang mana kondisi ini biasanya disebabkan oleh masuknya bakteri ke saluran kemih melalui uretra. Infeksi bisa terjadi di tiap bagian saluran kemih, termasuk ginjal, ureter, kandung kemih atau uretra.

2. Uropati obstruktif

Uropati obstruktif adalah kondisi yang menyebabkan urine tidak bisa mengalir melalui ureter karena terhalang. Seharusnya, urine mengalir dari ginjal ke kandung kemih, tetapi ini membuat urine mengalir mundur atau kembali ke ginjal.

3. Batu ginjal

Batu ginjal biasanya menyerang orang usia 20-40 tahun. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kurangnya berkemih sebanyak 1 liter per hari. Akibatnya, kondisi ini biasanya juga akan membuat seseorang sakit ketika buang air kecil.

4. Radang panggul

Radang panggul termasuk infeksi pada organ reproduksi wanita. Salah satu gejalanya adalah nyeri di daerah perut bawah, terutama ketika buang air kecil atau berhubungan seks.

Berita Terkait

Berita Terkini