Info

Infused Water Diklaim Punya Khasiat Detoksifikasi, Benarkah?

Infused water disebut-sebut bisa membantu detoksifikasi tubuh hingga menurunkan berat badan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi infused water. (Pixabay)
Ilustrasi infused water. (Pixabay)

Himedik.com - Infused water saat ini semakin digemari. Infused water sendiri merupakan minuman berupa air putih dengan rendaman buah maupun sayuran segar. Tujuan rendaman tersebut supaya khasiat buah meresap ke dalam air.

Infused water disebut juga sebagai air detoks dan harus dikonsumsi pagi hari dengan perut kosong. Namun, banyak juga yang meminumnya sepanjang hari.

Anda dapat membuat minuman ini di rumah dengan berbagai cara. Anda dapat menggunakan kombinasi buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah yang Anda suka seperti lemon dengan daun mint maupun strawberry dengan mentimun.

Air detoks telah diklaim dapat membantu menghilangkan racun, membantu menurunkan berat badan, menyeimbangkan pH, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ilustrasi infused water. (Pixabay)
Ilustrasi infused water. (Pixabay)

Namun benarkah klaim detoksifikasi tersebut?

Mengutip dari Healthline, detoksifikasi adalah klaim populer untuk banyak diet, pembersihan, dan produk nutrisi seperti air detoks.

Namun, baik "toksin" dan "detoks" adalah istilah yang tidak jelas. Mereka tidak benar-benar mendefinisikan apa yang dihilangkan atau bagaimana hal itu terjadi.

Tubuh sudah memiliki jalur detoks yang dirancang dengan baik untuk menghilangkan racun dari tubuh. Saat ini tidak ada bukti bahwa produk atau diet apa pun mempercepat atau membuatnya lebih efisien membuang racun.

Jadi, gagasan bahwa Anda dapat mempercepat dan meningkatkan jalur detoksifikasi tubuh dengan minum infused water adalah tidak mungkin.

Sedang untuk menurunkan berat badan, Anda bisa memperolehnya dengan minum air putih biasa, tidak harus infused water.

Sebab menurut penelitian, orang yang minum air dalam jumlah yang disarankan sebagai bagian dari program penurunan berat badan cenderung menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Minum air telah dikaitkan dengan berkurangnya rasa lapar , jadi jika Anda minum air sebelum makan, Anda mungkin makan lebih sedikit.

Namun demikian, banyak orang yang tidak terlalu suka minum air putih sehingga infused water bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

Jadi jika Anda minum infused water lalu memenuhi jumlah air yang disarankan setiap hari dan lebih sedikit minuman manis, maka itu hanya hal yang baik.

Berita Terkait

Berita Terkini