Info

Hindari Kebiasaan Ini Saat Mandi, Bisa Picu Masalah Kesehatan dan Kulit!

Beberapa kebiasaan mandi justru bisa memicu masalah kesehatan tubuh dan kulit.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi keramas dan mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas dan mandi. (Shutterstock)

Himedik.com - Mandi bisa membantu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, kulit serta menenangkan pikiran. Tapi, ada beberapa kebiasaan mandi yang justru akan berdampak pada kesehatan tubuh dan kulit.

Anda mungkin senang mandi dengan air panas berlama-lama ketika cuaca dingin, seperti di pagi hari. Hussain Abdeh, Superintendent Pharmacist di Medicine Direct, mengatakan mandi air panas dalam waktu lama bisa merusak kesehatan kulit Anda.

Menurut Hussain Abdeh, berlama-lama mandi air panas bisa menimbulkan masalah kulit, karena minyak alami pada kulit menjadi lebih lembut di bawah air panas.

Di satu sisi, mandi air panas juga langkah terbaik untuk membersihkan tubuh setelah tubuh berkeringat, banyak kotoran dan membasuhnya menggunakan sabun. Mandi air panas bisa membantu membersihkannya secara sempurna sehingga tubuh tidak bau badan.

Sayangnya, terlalu lama mandi air panas bisa membuat kulit kehilangan kelembapan esensial yang dibutuhkan agar tetap terhidrasi dan lembut. Akibatnya, kulit akan kering, gatal dan teriritasi.

Ilustrasi mandi dan keramas (shutterstock)
Ilustrasi mandi dan keramas (shutterstock)

Kondisi ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti membuat kulit menjadi merah, retak hingga infeksi pada kasus yang parah. Karena itu, Abden merekomendasikan semua orang untuk mandi menggunakan air dingin dan cukup 10 menit saja.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mandi air dingin bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi dalam jurnal PLoS One menemukan bahwa orang yang mandi air dingin 29 persen lebih kecil kemungkinannya untuk sakit karena bekerja atau sekolah.

Beberapa orang juga mengakui mandi air dingin bisa membantu menghilangkan lemak, meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi peradangan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Tapi, Harvard Health mengatakan bukti mengenai manfaat mandi air dingin ini masih langka atau terlalu sedikit, sehingga belum bisa menarik kesimpulan yang pasti.

Selain mandi air panas, kesalahan ketika mandi yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan adalah keramas atau mencuci rambut setiap hari.

"Meskipun penting untuk menjaga rambut selalu bersih, keramas setiap hari bisa menimbulkan efek yang lebih buruk daripada orang yang jarang keramas atau tidak setiap hari," kata Abdeh dikutip dari Express.

Karena, sampo bisa menghilangkan minyak alami rambut jika Anda keramas setiap hari. Padahal, minyak alami inilah yang membantu rambut tetap kuat dan kenyal.

"Jika Anda terlalu sering keramas, Anda akan kehilangan minyak alami ini sehingga rambut akan lebih kering dan rapuh," jelasnya.

Selain itu, kulit kering dan bersisik di kulit kepala Anda bisa menjadi tempat berkembang biaknya ketombe. Ketombe adalah masalah kulit kepala yang biasanya tidak berbahaya dan tidak bisa menular, tetapi bisa semakin parah ketika stres dan cuaca dingin.

Berita Terkait

Berita Terkini