Info

Cek Pola Pikir Anda Dominan Otak Kanan atau Kiri, Begini Caranya!

Beberapa orang memiliki pola pikir yang dominan otak kanan dan ada pula yang dominan otak kiri.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi otak - (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi otak - (Pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Otak termasuk organ inti tubuh yang berfungsi mengontrol tindakan, refleks, kata-kata yang keluar dari mulut dan lainnya.

Otak merupakan pusat dari semua fungsi tubuh yang mengontrol dan mendefinisikan kepribadian kita.

Secara ilmiah, otak kita terbagi menjadi dua bagian, yakni otak kiri dan otak kanan yang memiliki peran serta kemampuan masing-masing. Kedua bagian otak ini juga memiliki fungsi berbeda-beda, tetapi tetap bergantung satu sama lain.

Sebuah teori mengatakan bahwa orang mungkin lebih dominan otak kanan atau otak kiri, tergantung pada karakteristik tertentu yang mereka pegang. Sisi otak yang paling dominan inilah yang membantu mengatur pikiran, tindakan, gerak tubuh, dan perilaku seseorang.

Teori otak kiri dan otak kanan pertama kali berasal dari Roger W. Sperry. Ia mengatakan bahwa setiap bagian otak dikaitkan dengan berbagai jenis pemikiran.

Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)
Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)

Seseorang mungkin lebih menyukai satu jenis pemikiran tergantung pada sisi otak yang lebih dominan. Artinya, Anda yang dominan otak kiri akan lebih logis, pragmatis dan objektif. Sedangkan, orang yang dominan otak kanan biasanya lebih kreatif dan perhatian.

Meskipun dilansir dari Times of India, secara ilmiah otak manusia ini terbagi menjadi dua sisi atau dua belahan. Tapi, keduanya saling berhubungan dan bergantung satu sama lain.

Otak sisi kiri mengontrol otot-otot di sebelah kanan dan sebaliknya. Karena itulah, kerusakan pada satu sisi otak juga akan mempengaruhi sisi otak lainnya.

Sebagian besar peneliti percaya bahwa teori itu sendiri adalah mitos. Menurutnya, hanya dengan gabungan fungsi kedua sisi otak yang sehat, orang dapat mencapai potensi penuh mereka. Tapi, teori tersebut masih tetap bertahan sampai sekarang.

Anda pun bisa mendeteksi diri sendiri atau orang di sekitar dominan otak kanan dan kiri dengan memperhatikan tanda-tanda berikut.

Karakteristik orang dominan otak kanan

Berdasarkan teori dominasi otak kanan dan otak kiri, orang yang lebih menggunakan otak kanan biasanya sadar akan tindakan dan emosi mereka. Berikut ini, ciri-ciri seseorang lebih dominan otak kanan.

  1. Kreatif dan ekspresif
  2. Hebat dalam membaca orang
  3. Imajinatif dan artistik
  4. Intuitif dan memiliki ingatan yang hebat

Karakteristik orang dominan otak kiri

Sementara itu, orang yang dominan otak kiri biasa lebih analitis, objektif, dan praktis. Mereka sangat jago dengan pekerjaan yang membutuhkan penalaran dan rasionalitas. Berikut ini, beberapa karakteristik orang yang dominan otak kiri.

  1. Logis
  2. Hebat dalam berpikir kritis
  3. Efisiensi linguistik dan keterampilan bahasa yang baik
  4. Mampu berhitung

Berita Terkait

Berita Terkini