Info

Cukup Makan Jeruk 1-2 Buah, Ini Risikonya Kalau Berlebihan!

Makan buah jeruk lebih dari 2 kali sehari bisa menimbulkan risiko kesehatan tak terduga.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi jeruk. [Pixabay]
Ilustrasi jeruk. [Pixabay]

Himedik.com - Buah jeruk salah stau sumber vitamin C alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan pada tubuh.

Makan buah jeruk membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh lebih kuat, menghidrasi tubuh dan meningkatkan asupan vitamin C.

Dilansir dari Times of India, sekitar 100 gram jeruk mengandung 47 gram kalori, 87 gram air, 0,9 gram protein, 11,8 gram Karbohidrat, 9,4 gram gula, 2,4 gram serat dan 76 persen vitamin C.

Meskipun jeruk merupakan buah yang kaya nutrisi, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Jika seseorang makan 4-5 jeruk setiap hari, hal ini bisa menyebabkan konsumsi serat yang berlebihan.

Hal ini bisa menyebabkan sakit perut, kram, diare, kembung dan mual. Asupan vitamin C yang berlebihan bisa menyebabkan mulas, muntah, insomnia dan serangan jantung.

Ilustrasi Buah Jeruk. (Pixabay.com)
Ilustrasi Buah Jeruk. (Pixabay.com)

Karena, jeruk adalah buah yang bersifat asam sehingga bisa menyebabkan iritasi pada perut orang yang menderita penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Orang yang menderita GERD harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruk.

Dalam beberapa kasus yang parah, makan jeruk berlebihan bisa menyebabkan muntah dan mulas. Orang dengan kadar kalium tinggi juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruk.

Jeruk memiliki kadar kalium yang rendah, tetapi mengonsumsinya Terlalu banyak bisa menyebabkan hiperkalemia. Seseorang bisa mengonsumsi jeruk maksimal 1-2 buah sehari.

Berita Terkait

Berita Terkini