Info

Tips agar Bisa Berhenti Mengiler saat Tidur, Begini Caranya!

Cara termudah untuk berhenti mengiler saat tidur adalah dengan mengubah posisi tidur.

Yasinta Rahmawati

Tidur/pexels
Tidur/pexels

Himedik.com - Mengiler saat tidur bisa terjadi karena berbagai alasan. Posisi tidur miring misalnya, dapat menyebabkan air liur menumpuk dan merembes dari sisi mulut.

Selain posisi tidur, produksi air liur berlebih, hidung tersumbat hingga GERD bisa menjadi sebabnya.

Pada anak-anak, mengiler sangat umum terjadi karena mereka belum memiliki kontrol atas mulut dan indera mereka. Namun, jika mengiler terjadi pada orang dewasa, mungkin bisa menjadi hal yang cukup memalukan.

Berikut dilansir dari Times of India, cara sederhana untuk berhenti mengiler saat tidur yang bisa dicoba.

1. Mengubah posisi tidur

Cara termudah untuk berhenti mengiler saat tidur adalah dengan mengubah posisi tidur. Alih-alih tidur tengkurap, cobalah tidur telentang. Dengan cara ini Anda akan dapat mengontrol mulut Anda dan air liur tidak akan menetes dari samping mulut.

Ilustrasi tidur. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi tidur. (Sumber: Shutterstock)

2. Mengonsumsi sitrus

Buah jeruk membantu mengencerkan air liur dan secara efisien dapat mencegah air liur. Anda bisa minum air lemon atau makan buah jeruk lainnya sebelum tidur.

3. Menggunakan alat bantu

Disebut juga perangkat mandibula, adalah alat oral dipasang di mulut. Mekanismenya adalah menjaga lidah Anda di tempat yang tepat untuk mencegah ngiler dan mendengkur. Anda dapat membelinya secara online atau mendapatkannya dari toko medis.

4. Cobalah terapi wicara

Dalam terapi wicara, Anda bisa melatih otot lidah dan mulut Anda untuk tetap dalam posisi yang sempurna dan pikiran Anda untuk menyatukan bibir Anda. Tidak hanya itu, latihan lain yang membantu mengontrol mulut juga bisa dilakukan.

Terkadang, kondisi medis yang disebut sleep apnea juga bisa membuat Anda mengiler saat tidur bersama dengan gejala lain seperti mendengkur dan sesak napas.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan, kantuk di siang hari dan stres. Ini tidak boleh diabaikan dan Anda harus memeriksakan diri.

Sebab sleep apnea adalah kondisi kesehatan yang serius, yang selanjutnya dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini