Info

Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen, Tak Cuma Bikin Kulit Sehat

Suplemen kolagen dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi mengonsumsi suplemen. Shutterstock)
Ilustrasi mengonsumsi suplemen. Shutterstock)

Himedik.com - Kolagen menjadi salah satu suplemen yang paling populer untuk kesehatan kulit. Namun demikian, kolagen juga diketahui mampu membantu menjaga tubuh tetap kuat.

Banyak pegiat olahraga menambahkan satu sendok bubuk kolagen yang dilarutkan dalam air untuk mendapatkan manfaatnya.

Dilansir dari Insider, Sophie Medlin, Konsultan Diet dan Direktur CityDietitians menyebutkan beberapa manfaat suplemen kolagen selain untuk kulit. Berikut di antaranya.

1. Membantu mengurangi cedera

Kolagen adalah komponen utama otot, tendon dan ligamen. Secara teori, pada diet protein tinggi, Anda harus dapat menghasilkan banyak kolagen Anda sendiri untuk melindungi dan memperbaiki jaringan ini, kata Medlin.

Sebuah studi tahun 2018 pada 60 atlet oleh University of Freiburg menunjukkan bahwa mengonsumsi kolagen dapat membantu memperbaiki cedera pada tendon dan ligamen dan mengurangi risiko kekambuhan cedera.

"Ini berarti bahwa dalam waktu dekat, kami mungkin akan merekomendasikan suplemen kolagen untuk jenis cedera ini," kata Medlin.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Suplemen kolagen dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang, menurut salah studi 2018 oleh University of Freiburg pada 102 wanita.

"Dengan sendi yang terbuat dari tulang, ligamen, dan tendon dan semua jaringan ini dibuat terutama dari kolagen, masuk akal bahwa kesehatan sendi juga dapat dilindungi," kata Medlin.

3. Mengurangi nyeri sendi

Tulang rawan merupakan jaringan yang melindungi dan menopang sendi, terdiri dari serat kolagen dan elastis. Namun, seiring bertambahnya usia, bagian ini bisa hilang, menyebabkan nyeri sendi dan bahkan osteoartritis .

Suplemen kolagen dapat membantu meringankan rasa sakit ini, menurut penelitian.

Namun sementara kolagen dapat bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kesehatan fisik, ia tidak boleh dilihat sebagai sumber protein yang lengkap, kata Medline.

Tidak seperti protein whey, suplemen kolagen tidak mengandung sembilan asam amino esensial, yang berarti itu bukan sumber protein yang lengkap.

Karena protein penting untuk pembentukan otot, pemeliharaan, dan kehilangan lemak, ahli diet merekomendasikan untuk mendapatkannya melalui sumber makanan utuh jika memungkinkan.

Berita Terkait

Berita Terkini