Info

3 Cara Ampuh untuk Mengatasi Frustasi, Coba Segera!

Seseorang yang merasa frustasi, tidak hanya merasa terjebak secara fisik, tetapi juga secara psikologis.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi sedang frustasi. (Pixabay)
Ilustrasi sedang frustasi. (Pixabay)

Himedik.com - Beberapa momen dalam hidup mungkin pernah membuat seseorang merasa frustasi. Seperti contohnya sudah berusaha keras namun tetap saja gagal.

Seseorang yang merasa frustasi, tidak hanya merasa terjebak secara fisik, tetapi juga secara psikologis. Yuk, segera bertindak agar Anda tidak terus-terusan berada dalam kondisi yang kurang menyenangkan ini.

Jika tidak segera berindak, Anda bisa selamanya terjebak dalam perasaan frustasi, dan hanya akan fokus terhadap masalah Anda tanpa mencari solusi untuk keluar dari zona tersebut.

Mengutip dari Psychology Today, ketika seseorang merasa terjebak yang bikin dirinya frustasi, hal ini akan berdampak negatif pada kesehatan mentalnya. Bahayanya, seseorang akan sulit berkembang di kemudian hari.

Ada tiga tindakan yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari rasa frustasi. Simak ulasannya!

1. Perlunya pengaturan stres

Untuk mengatasi kondisi tersebut, pengaturan stres sangat penting dilakukan agar tidak berlarut-larut. Menurut penelitian ilmu saraf, ketika seseorang marah, cemas, bahkan frustasi, ada bagian otaknya yang sulit membantu untuk berpikir jernih dan juga kreatif.

Maka dari itu, perlu ambil tindakan untuk mengatur stres, dengan cara mengambil napas dalam-dalam, menulis jurnal, berolahraga, serta mendengarkan musik favorit.

2. Luangkan waktu lewat kegiatan positif

Ketika terjebak di suatu kondisi yang bikin frustasi, sangat penting untuk ambil waktu luang dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Mulai dari olahraga, berkumpul bersama teman, menghabiskan waktu sendirian, melatih bersyukur, atau melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Cara ini dapat meningkatkan kebahagiaan Anda, serta mengurangi dari rasa stres dan frustasi yang menguasai emosi Anda. Selain itu, kegiatan positif dapat membantu Anda untuk terus tumbuh.

3. Ambil tindakan

Terjebak di situasi yang bikin frustasi bikin Anda merasa stagnan dan sulit keluar. Agar tidak berdampak jangka panjang, mulai sekarang ambil tindakan secara progresif. Mulai dari membangun pola pikir yang positif, serta fokus pada tujuan-tujuan Anda.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini