Info

Vitamin C Punya 5 Peran Penting, tapi Tak Boleh Sembarangan Mengonsumsinya!

Konsumsi vitamin C juga harus tepat, terutama bagi orang yang cenderung memiliki gangguan asam lambung.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi suplemen vitamin C (pixabay)
Ilustrasi suplemen vitamin C (pixabay)

Himedik.com - Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, mulai dari makan makanan sehat, tidur yang cukup, olahraga rutin, hingga mengonsumsi suplemen, salah satunya vitamin C.

Namun, ternyata konsumsi vitamin C juga harus tepat. Sebab, beberapa orang dapat mengalami ketidaknyamanan lambung, terutama pada mereka yang cenderung memiliki gangguan asam lambung.

Nutrisionis Rita Ramayulis menjelaskan bahwa vitamin C memiliki lima peran sebagai zat gizi esensial yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

"Selain beperan sebagai antioksidan dan meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi, vitamin C memiliki lima peran spesifik terhadap imunitas," jelas Rita dalam siaran pers yang diterima Himedik.com.

sumber vitamin C (shutterstock)
sumber vitamin C (shutterstock)

BACA JUGA: Jangan Melulu Vitamin C dan D, Tubuh Kita juga Perlu Vitamin B12 lho!

Peran spesifik tersebut yakni:

- Pertama, memindahkan neutrofil atau sel darah putih ke jaringan yang terinfeksi, sehingga infeksi segera bisa disembuhkan.

- Kedua, mempercepat produksi sitokin sebagai bahan pesan utama untuk tubuh saat terinfeksi atau tidak.

- Ketiga, mengaktivasi kerja sel darah putih dalam memakan bakteri atau antigen lainnya.

- Keempat dan kelima, mempercepat pertambahan jumlah sel B dan sel T (imunoglobulin) yang bertugas mengingat struktur virus tertentu.

"Jadi intinya, di masa pandemi atau bukan, vitamin C berperan dalam pertahanan tubuh dan kita tidak boleh berada dalam kondisi kekurangan vitamin C," sambung Rita.

Tetapi mengonsumsi vitain C tidak boleh sembarangan.

Tenaga kesehatan di kota Depok, Iwan Dermawan, menemukan banyak pasien yang mengeluhkan lambungnya perih sesudah mengonsumsi vitamin C. Salah satu gejalanya termasuk sendarawa berkepanjangan.

"Perlu diingat bahwa vitamin C memiliki nama lain asam askorbat. Sesuai namanya, maka sifatnya asam, dan pada orang tertentu bisa memengaruhi kondisi asam lambung," tandas Iwan.

Berita Terkait

Berita Terkini