Info

Manfaat Daun Salam, Tak Cuma Menyedapkan Masakan

Daun salam juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi daun salam. (Elements Envato)
Ilustrasi daun salam. (Elements Envato)

Himedik.com - Daun salam sering digunakan sebagai rempah tambahan agar masakan lebih harum, bebarengan dengan bumbu dapur lainnya. Namun tahukah Anda? Daun salam memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain dijadikan bumbu tambahan, daun salam bisa digunakan sebagai obat herbal. Caranya dengan direbus selama kurang lebih lima menit, kemudian air rebusan itu diminum selagi hangat.

Dihimpun dari Dailypost.id---jaringan Himedik.com, untuk mendapat manfaat maksimal dari konsumsi air rebusan daun salam ini, Anda bisa meminumnya sebanyak tiga kali seminggu.

Berikut manfaat daun salam untuk kesehatan, antara lain:

Mengonsumsi air rebusan daun salam bisa meningkatkan fagositosis dalam darah dan leukosit yang mengaktifkan respon imun tubuh.

Daun salam memilikikandungan beta-ocimene, 1;8-cineol, alfa-pinen, dan beta-pinen. Kandungan tersebut tersebut terbukti menghambat replikasi virus SARS-CoV dan Herpes Simplex Virus.

  • Anti serangga

Sebuah setudi menemukan bahwa daun salam memiliki sifat anti serangga dan bisa mencegah gigitan nyamuk.

Ilustrasi daun salam. (Elements Envato)
Ilustrasi daun salam. (Elements Envato)

 

Kandungan 1,8-cineol pada daun salam diduga sebagai penyebab daun salam memiliki khasiat antibakteri dan antijamur. Ha ini telah teruji pada Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus intermedius.

  • Menurunkan gula darah

Daun salam dipercaya bisa meningkatkan fungsi reseptor insulin dan mengontrol kadar gula darah.

  • Mengurangi kecemasan dan stress

Daun salam mengandung zat bernama linalol yang mampu menurunkan hormon stress dalam tubuh. Zat ini biasanya banyak terkandung di dalam aromaterapi.

  • Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Membilas rambut dan memijat kepala dengan air rebusan daun salam dipercaya bisa mengatasi ketombe dan memperkuat folikel rambut agar tidak mudah rontok.

  • Menurunkan asam urat

Daun salam memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah.

  • Antiinflamasi

Ekstrak daun salam terbukti memiliki efek antiradang atau antiinflamasi pada tubuh, bahkan dalam waktu 5 jam setelah dikonsumsi. Sebagai efek lanjutan dari antiinflamasi, daun salam juga terbukti meredakan nyeri.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan flavonoid dan antioksidan tinggi dalam daun salam menunjukkan khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, daun salam juga meningkatkan kandungan kolesterol baik dalam darah.

  • Antioksidan tinggi

Ekstrak daun salam menunjukkan kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan bermanfaat banyak bagi tubuh manusia, seperti melawan radikal bebas dan mencegah penuaan.

  • Antikonvulsan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed NCBI tahun 2002 menunjukkan bahwa daun salam memiliki efek antikonvulsan atau bisa digunakan untuk meredakan kejang.

Berita Terkait

Berita Terkini