Info

Makanan untuk Meringankan Gejala Asam Urat, Apa Saja?

Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi asam urat.
Ilustrasi asam urat.

Himedik.com - Penyakit asam urat merupakan radang sendi yang bisa menyebabkan sendi (biasanya jempol kaki) mendadak terasa nyeri, perih, kaku, bahkan panas dan bengkak.

Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah dan berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol.

Kolesterol diduga bisa meningkatkan, atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit tersebut.

Dihimpun dari Ayobandung.com---Jaringan Himedik.com, salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat.

Meski penderita asam urat harus membatasi konsumsi berbagai jenis makanan, bukan berarti kebutuhan nutrisi harian menjadi tidak terpenuhi.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk meringankan gejala asam urat dan mencegahnya kambuh kembali, yuk simak!

  • Buah-buahan segar (termasuk jeruk, melon, dan apel)
  • Sayuran (seperti wortel dan tomat)
  • Makanan sumber karbohidrat kompleks (seperti kentang dan beras merah)
  • Susu, keju, atau yoghurt rendah lemak dan tanpa pemanis tambahan

Sedangkan untuk mencegah kambuhnya asam urat, dianjurkan cukup minum air putih minimal 2 liter per hari. Selain itu, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan rutin berolahraga.

Bila asam urat masih sering kambuh atau tidak membaik, sebaiknya menemui dokter untuk menentukan jenis makanan dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini