Info

5 Makanan Ini Tak Disarankan Dikonsumsi Bersamaan dengan Minum Teh, Kenapa?

Kombinasi cairan teh dan tepung dalam gorengan bisa mengganggu kinerja saluran pencernaan.

Yasinta Rahmawati

Minum teh sambil makan roti. (Pixabay/StockSnap)
Minum teh sambil makan roti. (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Minum teh menjadi kebiasaan sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan bagi banyak orang. Rasa teh yang nikmat membuatnya menjadi pilihan minuman favorit.

Biasanya orang-orang memilih minum teh setelah menyantap hidangan. Namun demikian, minum teh bisa menjadi bahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan beberapa makanan.

Melansir dari Times of India, berikut ini beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minum teh. Apa saja?

1. Gorengan

Dihimpun dari Her Story---Jaringan Himedik.com, banyak orang yang terbiasa minum teh sambil makan gorengan. Meski nikmat, sebenarnya itu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Sebab, kombinasi cairan teh dan tepung dalam gorengan bisa mengganggu kinerja saluran pencernaan dan membuat usus tidak bisa menyerap nutrisi secara maksimall

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan minum teh. Pasalnya, teh mengandung zat tanin dan oksalat yang dapat mengganggu tubuh dalam penyerapan zat besi dari makanan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan tinggi zat besi. Jika diminum bersamaan dengan teh, kandungan zat besi itu akan terus berkeliaran di dalam aliran darah dan tak terserap tubuh.

4. Camilan beku

Jangan pernah minum teh bersamaan dengan camilan beku, seperti yogurt. Sebab, interaksi panas dan camilan beku bisa mengganggu pencernaan.

5. Makanan dengan pewarna kunyit

Makanan yang mengandung terlalu banyak kunyit juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minum teh. Pasalnya, perpaduan kafein, tanin, dan oksalat pada daun teh bisa bereaksi negatif jika tercampur kunyit dalam jumlah banyak.

Jika hal itu terjadi, bisa memicu perut begah, asam lambung, dan juga konstipasi.

Berita Terkait

Berita Terkini