cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id Lihat Detail
Sabtu, 20 Agustus 2022

Daun Seledri Punya Manfaat untuk Penderita Kolesterol, Begini Caranya

Daun seledri memiliki aroma segar yang khas dan rendah kalori.

Yasinta Rahmawati
Daun seledri mampu atasi asam urat (Pexels/Pixabay)
Daun seledri mampu atasi asam urat (Pexels/Pixabay)

Himedik.com - Daun seledri sering ditambahkan sebagai salah satu jenis sayuran dalam masakan. Karena memiliki aroma yang khas, banyak orang mungkin tidak begitu menyukai adanya daun seledri dalam makanan mereka.

Tapi selain sebagai penambah aroma masakan, daun seledri ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bagi penderita kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi sendiri dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah, hingga penyumbatan dan pemblokiran aliran darah (arterosklerosis).

Jika suplai darah ke jantung sampai berkurang, sakit atau nyeri dada pun dapat terjadi dan bisa menjurus ke serangan jantung.

Selain penyakit jantung, tingkat kolesterol tinggi juga dapat meningkatkan risiko stroke dan buruknya sirkulasi darah. Untuk mencegah risiko tersebut, tentunya kita harus mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap seimbang.

Dihimpun dari Her Story---Jaringan Himedik.com, Rabu (24/11/2021), tanaman bernama latin Apium graveolens L. ini memiliki aroma segar yang khas dan rendah kalori.

Karenanya, seledri dapat membantu dalam diet rendah kalori, menambah vitamin dan mineral, mencegah kerusakan sel, mencegah dehidrasi, mengurangi peradangan, melancarkan pencernaan, dan menetralkan asam.

Dijelaskan dalam buku Ramuan Herbal Penurun Kolesterol, karya Prof H. Hembing W, seledri mengandung minyak asiri, flavonoid, koumarin, furanokoumarin, isokuersetin, saponin, asparagin, apialkali, tirosin, glutamin, pentosan, dan manit.

Semua kandungan itu membuat seledri dianggap efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda hanya perlu akar seledri 30 gram dan air 2 gelas. Kemudian, cuci akar seledri sampai bersih lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan satu gelas air.

Setelah air rebusan akar seledri dingin, saring dan minum sekaligus. Selain minum ramuan ini, untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal sebaiknya dibarengi juga dengan olahraga teratur dan pola makan sehat. 

Terkait

Terkini