Info

Bokong Terasa Nyeri Saat Menstruasi, 4 Kondisi ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bokonng terasa sakit atau nyeri ketika menstruasi.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi nyeri bokong ketika menstruasi. (pixabay/bru-nO)
Ilustrasi nyeri bokong ketika menstruasi. (pixabay/bru-nO)

Himedik.com - Saat menstruasi, wanita tidak hanya mengalami nyeri perut bagian bawah tetapi ada juga yang mengalami nyeri bokong.

Nyeri bokong ketika menstruasi ini pastinya sangat tidak nyaman dan akan mungkin akan menyebabkan rasa sakit tak tertahankan.

Tapi, Anda perlu memperhatikan seberapa sering mengalami nyeri bokong ketika menstruasi. Karena, nyeri bokong ketika menstruasi bisa menandakan kondisi kesehatan yang butuh diperhatikan.

Menurut Dr Pratima Thamke, Konsultan Obstetrician and Gynaecologist, Motherhood Hospital, Kharghar dilansir dari Healthshots, nyeri bokong biasanya terjadi pada wanita yang rahimnya miring ke belakang.

Berikut ini, 4 faktor utama yang menyebabkan nyeri bokong ketika menstruasi.

Ilsutrasi menstruasi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menstruasi - (Shutterstock)

1. Endometriosis

Jika Anda memiliki rasa sakit yang parah di bokong, itu bisa disebabkan oleh endometriosis. Kondisi ini menyerang ketika lapisan endometrium mulai tumbuh pada organ lain yang berada di luar rahim. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan harus segera konsultasi dengan dokter.

2. Sembelit

Jika Anda sering sembelit, kondisi ini juga bisa menyebabkan nyeri bokong. Penumpukan feses di dalam rahim dapat memicu terbentuknya lesi endometriotik di dalam tubuh. Lesi ini duduk di saraf pudendal yang mengakibatkan rasa sakit di kulit sekitar anus. Intensitas rasa sakit ini akan meningkat selama periode hingga menyebabkan nyeri pantat.

3. Ketegangan otot

Kram dan perut kembung dapat menekan otot gluteal, yang menyebabkan ketegangan di area tersebut. Dengan demikian, seseorang kemungkinan akan mengalami nyeri punggung bawah atau bokong. Sayangnya, banyak wanita yang mengabaikan rasa sakit ini sebagai kejadian normal selama menstruasi.

4. Fibroid

Fibroid dapat menyebabkan otot bokong pegal selama menstruasi. Kondisi ini mungkin terjadi, karena rahim membesar akibat adanya fibroid. Dengan demikian, pembesaran rahim dapat mendorong bokong dan menyebabkan rasa sakit.

Fibroid adalah pertumbuhan non-kanker di rahim yang dapat berkembang selama tahun-tahun subur pada wanita.

Berita Terkait

Berita Terkini