Info

Penderita Diabetes Perlu Tahu, Ini Daftar Buah dengan Kadar Gula Tinggi

Penderita diabetes perlu membatasi konsumsi buah berikut.

Yasinta Rahmawati

Pisang/pexels
Pisang/pexels

Himedik.com - Rutin makan buah jadi salah satu cara termudah untuk memulai pola makan sehat. Sebab, buah-buahan adalah sumber energi, nutrisi, air, vitamin, serat, dan antioksidan yang sangat baik.

Buah-buahan mengandung gula alami, yang sesungguhnya tidak berbahaya bagi tubuh

Namun, orang dengan diabetes perlu memperhatikan beberapa hal. Sebab meski mengandung gula alami, tak semua buah ramah untuk penderita diabetes.

Dihimpun dari Suara.com---Jaringan Himedik.com, berikut adalah daftar buah-buahan yang memiliki kadar gula tinggi dan harus dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes, seperti dilansir dari Times of India.

1. Mangga

Satu buah mangga berukuran sedang memiliki 45 gram gula, sehingga jangan banyak makan mangga jika ingin mengurangi asupan gula. Tapi, Anda masih bisa menikmati satu atau dua potong irisan buah.

Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)
Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)

2. Anggur

Satu genggam anggur mengandung sekitar 23 gram gula. Anda dapat mengirisnya menjadi dua untuk mengkonsumsinya secara perlahan, dan ini jadi salah satu cara untuk mengonsumsi lebih sedikit gula. 

3. Ceri

Buah yang manis ini sering ditemui di aneka kue dan kudapan. Satu genggam ceri memiliki sekitar 18 gram gula. Jika mau lebih sehat, konsumsilah ceri segar yang belum dimaniskan.

4. Pir

Satu buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 17 gram gula. Untuk membatasi konsumsinya, cukup taruh beberapa iris buah pir di atas yoghurt rendah lemak atau di atas salad favorit.

5. Semangka

Satu iris semangka berukuran sedang memberi asupan 17 gram gula. Semangka sarat dengan air dan memiliki mineral khusus yang disebut elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Jumlah terbaik untuk mengonsumsi semangka adalah dua iris berukuran sedang.

6. Pisang

Jadi buah favorit untuk sarapan, satu buah pisang ukuran sedang mengandung 14 gram gula. Anda dapat mengiris setengah buah pisang untuk disantap bersama oatmeal saat sarapan.

Berita Terkait

Berita Terkini