Info

Dokter: Varian Omicron Bisa Sebabkan Tenggorokan Gatal

Tenggorokan gatal salah satu gejala varian Omicron yang berbeda dengan varian virus corona lainnya.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi varian Omicron. (Pixabay)
Ilustrasi varian Omicron. (Pixabay)

Himedik.com - Dokter yang pertama kali menemukan varian Omicron di Afrika Selatan telah menggambarkan gejala varian baru virus corona tersebut. Meskipun, varian Omicron ini masih dalam penyelidikan.

Dokter Angelique Coetzee, ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, telah memberikan gambaran awal mengenai gejala varian Omicron. Hal ini bermula dari ia menemukan pasien dengan gejala tidak biasa di antara pasien virus corona yang terinfeksi varian Delta.

Salah satu gejala aneh yang diduga akibat varian Omicron itu terkait dengan tenggorokan yang dialami pasiennya. Pasiennya mengalami tenggorokan yang terasa gatal, yang menjadi salah satu gejala aneh dan baru.

Sedangkan, satu-satunya ciri lain yang bisa membantu membedakan varian Omicron dengan varain virus corona lainnya adalah tidak adanya gejala klasik yang sebelumnya telah dilaporkan sebagai gejala Covid-19.

Menurut Angelique Coetzee dilansir dari Express, pasien juga tidak mengalami kehilangan indra penciuman dan perasa. Padahal sebelumnya, dua kondisi itu termasuk gejala umum virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus Corona Covid-19, varian Omicron. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19, varian Omicron. (Dok. Envato)

Penelitian yang dilakukan oleh ZOE COVID Study, yang telah melacak pergerakan virus selama pandemi, menyarankan para ahli memperluas data gejala virus corona Covid-19.

Penelitian menunjukkan ada lebih banyak gejala virus corona Covid-19 daripada yang diperkirakan sebelumnya. Tapi, banyak orang tetap tidak menyadari semua gejala tersebut.

Hal ini meningkatkan risiko seseorang salah mendeteksinya sebagai gejala flu, bukan gejala virus corona Covid-19.

Selain kehilangan indra penciuman dan perasa, studi ZOE COVID mengatakan untuk memperhatikan gejala berikut.

  1. Pilek
  2. Sakit kepala
  3. Bersin
  4. Sakit tenggorokan
  5. Batuk terus-menerus
  6. Demam

Berita Terkait

Berita Terkini