Info

Minum Air Sebelum, Selama, dan Setelah Makan, Adakah Efek Sampingnya?

Sebagian orang meyakini bahwa sebaiknya kita tidak minum air selama makan karena dapat memengaruhi sistem pencernaan. Benarkah?

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi perempuan minum air putih. (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi perempuan minum air putih. (Pexels/Daria Shevtsova)

Himedik.com - Dr. Vipul Rustgi, MBBS MD Medicine, konsultan dokter sekaligus ahli diabetes dari Apollo Spectra di Delhi, menjelaskan manfaat dan efek samping minum air sebelum, selama, dan setelah makan.

Dilansir dari HealthShots, dokter Vipul menyebut bahwa minum air sebelum makan sesungguhnya bisa memperlancar proses pencernaan.

Lalu, mengenai minum di tengah proses makan, dokter Vipul juga menyebut bahwa cairan dapat membantu memecah makanan sehingga tubuh menyerap nutrisi dengan cara yang tepat.

Tidak hanya itu, air juga membantu melunakkan tinja, yang pada gilirannya akan mencegah sembelit. Hal ini akan mencegah Anda dari kembung, sehingga membantu dalam proses pencernaan.

Selain itu, minum air di antara proses makan juga membantu Anda untuk berhenti sejenak mengunyah, memberi Anda waktu untuk memeriksa sinyal lapar dan kenyang Anda. Sehingga, minum air sebelum dan saat makan bisa membantu menurunkan berat badan.

"Air membuat Anda merasa kenyang, dan Anda tidak akan makan berlebihan, serta mampu mempertahankan berat badan yang optimal,” kata dokter Vipul, ungkapnya dikutip dari Suara.com---Jaringan Himedik.com.

lalu, adakah efek samping minum air putih sebelum makan?

Ya, ada! Minum air sebelum makan dapat menciptakan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi, praktik ini ternyata juga dapat meningkatkan jumlah insulin dalam tubuh seseorang, lho.

Dokter Vipul mengatakan, "Minum air saat Anda makan dapat meningkatkan kadar insulin, seperti halnya makanan dengan glikemik tinggi. Ini terjadi karena tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik dan mengubah bagian yang mengandung glukosa dari makanan itu menjadi lemak dan menyimpannya."

Proses ini kemudian meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, dan seseorang mungkin mengalami kadar gula darah tinggi.

Seiring dengan ini, seseorang mungkin mendapatkan masalah keasaman atau masalah keasaman kronis yang sudah ada menjadi lebih buruk.

"Jika Anda kerap mengalami masalah dengan asam lambung, maka ini bisa terjadi karena minum air saat makan. Lebih sedikit cairan lambung yang dikeluarkan untuk mencerna makanan. Kemudian makanan yang tidak tercerna, cenderung bocor ke dalam sistem yang menyebabkan keasaman dan mulas," katanya.

Dan apa yang terjadi jika Anda minum air segera setelah makan?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minum air putih setelah makan dapat mempengaruhi pencernaan dan mencegah penyerapan nutrisi dengan baik. Tapi ternyata, minum air putih setelah makan membantu memecah makanan sehingga tubuh bisa menyerap nutrisi dengan baik. Tidak hanya itu, ini juga mencegah sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan.

Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir lagi. Sebab minum air putih setelah makan itu baik-baik saja!

Berita Terkait

Berita Terkini