Info

Studi: Perbanyak Konsumsi Sayur Bikin Lebih Bahagia

Sayuran juga dapat meningkatkan kesehatan mental, yang mana dapat membuat seseorang lebih merasa bahagia.

Yasinta Rahmawati

Salad sayur. (YouTube)
Salad sayur. (YouTube)

Himedik.com - Memenuhi asupan serat dan nutrisi lainnya bisa didapat dengan makan sayur. Rutin makan sayur juga membat kesehatan tubuh terjaga secara keseluruhan. Namun tahukah Anda, makan lebih banyak sayur juga berimbas pada rasa bahagia?

Dalam sebuah studi baru yang terbit dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, menunjukkan bahwa selain kesehatan fisik, sayuran juga dapat meningkatkan kesehatan mental, yang mana dapat membuat seseorang lebih merasa bahagia.

Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, di sini peneliti ingin melihat apakah mereka dapat mendeteksi dampak pada kebahagiaan dan kesejahteraan psikologis berdasarkan jumlah sayuran yang dikonsumsi orang.

Dilansir dari Very Well Fit, untuk mengujinya para peneliti merekrut 75 peserta berusia antara 18 dan 65 tahun, yang biasanya memiliki asupan sayuran yang rendah.

Selama 8 minggu, peserta tes diberi pilihan sayuran segar atau beku , dan dipandu untuk mengonsumsi jumlah yang direkomendasikan dalam Pedoman Diet—sekitar dua hingga empat porsi per hari, berdasarkan tingkat kalori mereka yang biasa.

Para peneliti menggunakan Subjective Happiness Scale (SHS) untuk menilai kebahagiaan baik sebelum dan sesudah studi 8 minggu. SHS menggunakan empat pertanyaan bagi peserta untuk melaporkan sendiri tingkat kebahagiaan mereka berdasarkan pertanyaan untuk mengukur tingkat gejala bahagia versus depresi.

Hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi sayuran untuk memenuhi rekomendasi dalam Pedoman Diet USDA dapat meningkatkan skor SHS rata-rata.

Kata Shanon Casperson, PhD, DTR , seorang ahli biologi penelitian di Pusat Penelitian Nutrisi Manusia Grand Forks, Layanan Penelitian Pertanian USDA, dan salah satu dari peneliti pada penelitian ini, setiap peserta dalam penelitian ini makan dua hingga tiga porsi sayuran setiap hari.

"Mereka diberi kebebasan untuk memilih sayuran yang ingin mereka makan dari masing-masing subkelompok sayuran yang dibutuhkan. Penting untuk makan berbagai macam sayuran dari semua warna pelangi setiap minggu," ujarnya.

Hasil ini mengkonfirmasi apa yang telah diduga oleh banyak ahli makanan dan nutrisi, bahwa makan bergizi dapat berdampak luas pada seseorang.

"Tidak mengherankan bahwa makan lebih banyak sayuran dapat membuat Anda merasa lebih bahagia," kata Elizabeth Barnes, MS, RDN, LDN , ahli diet dan pemilik Weight Neutral Wellness. "Sayuran memberi tubuh Anda vitamin dan serat yang diperlukan."

Berita Terkait

Berita Terkini