Info

Deteksi Masalah Kesehatan Tubuh, Cek Perubahan Kuku Anda!

Setiap perubahan pada kuku bisa jadi tanda masalah kesehatan pada tubuh.

Shevinna Putti Anggraeni

Perubahan kuku bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)
Perubahan kuku bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Anda tidak harus menjalani tes kesehatan yang mahala untuk mendeteksi masalah kesehatan dalam tubuh.

Terkadang, hanya melihat warna kulit, kondisi rambut dan kuku bisa mengungkapkan sejumlah masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Bercak putih, semburat kemerahan, atau riak di kuku bisa memberikan gambaran mengenai masalah kesehatan paru-paru, jantung dan organ tubuh lainnya.

Metode ini bisa membantu mendeteksi gangguan parah dan mengambil tindakan pengobatan yang lebih cepat jika ada masalah kesehatan yang terdeteksi.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa masalah kesehatan yang dapat diungkapkan oleh kuku Anda.

Ilustrasi Kuku Sehat (freepik)
Ilustrasi Kuku Sehat (freepik)

1. Kuku pucat atau kuning

Setiap perubahan warna kuku bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius. Karena, kuku mencerminkan masalah kesehatan pada hati, ginjal atau jantung.

Kuku yang menjadi pucat dan kuning ini bisa menjadi tanda anemia, masalah hati, jantung atau kekurangan gizi. Selain itu, orang yang menderita bronkitis kronis, tiroid, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis juga bisa mengalami perubahan warna kuku.

2. Kuku bergelombang

Garis vertikal atau horizontal pada kuku bisa menggambakan tentang kondisi kesehatan ginjal dan tulang Anda.

Permukaan kuku yang bergelombang atau berlubang bisa menjadi tanda psoriasis atau sendi. Garis vertikal yang disertai dengan perubahan warna kuku juga bisa menjadi tanda anemia.

3. Kuku rapuh

Kuku yang kering atau rapuh cukup sering dan mudah patah. Jenis kuku ini dapat menunjukkan penyakit tiroid yang ada dan tidak diobati.

Kuku pecah-pecah atau terbelah dengan rona bertambah juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Dalam beberapa kasus, kuku mulai patah karena terlalu banyak terpapar kelembaban atau bahan kimia seperti deterjen, cat kuku, dan penghapus cat kuku.

4. Bintik putih

Bintik-bintik putih yang muncul pada satu atau dua kuku bisa menjadi tanda kekurangan seng dan kalsium. Bintik-bintik putih ini tidak terlalu berbahaya, tetapi Anda perlu meningkatkan asupan nutrisi Anda untuk menghindari masalah kesehatan yang parah.

Bintik-bintik yang tersebar juga dapat disebabkan karena reaksi alergi, infeksi jamur, dan cedera pada kuku Anda.

5. Garis gelap

Garis hitam yang muncul di bawah kuku Anda bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Terkadang, garis hitam atau gelap ini muncul akibat trauma atau cedera karena terjepit pintu atau jari-jari terluka.

Tapi, garis hitam ini juga bisa menjadi tanda melanoma yang merupakan salah satu kanker ganas. Jika garis hitam pada kuku ini tidak hilang dalam waktu lama, segera konsultasikan dengan dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini