Info

Awas, Kuman yang Menempel pada Uang Kertas Bisa Bahayakan Tubuh

Kuman atau virus sangat mudah menyebar lewat uang kertas yang kotor

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi uang China Yuan. (Pixabay)
Ilustrasi uang China Yuan. (Pixabay)

Himedik.com - Uang kertas maupun logam masih menjadi favorit banyak orang dalam hal transaksi sehari-hari. Namun, semakin sering uang itu berpindah dari satu tangan ke tangan lain, maka makin besar pula kemungkinan untuk terkontaminasi kotoran dan bakteri

Banyak orang masih kerap menganggap hal tersebut sepele, padahal dampaknya bisa berimbas pada kesehatan. 

Dilansir dari Insider, uang kotor dapat membawa virus, protozoa, dan juga bakteri. Tergantung uang tersebut berasal dari mana.

Tetapi sebuah penelitian lama mengungkapkan, 79 persen uang kertas satu dolar mengandung jejak kokain. Studi lain yang menyorot tentang uang kertas juga dilakukan di New York City, yang menemukan adanya sejumlah besar mikroba aktif. Yang paling umum terjadi adalah Propionibacterium acnes, di mana bakteri ini dapat menimbulkan jerawat di kulit.

Para peneliti juga menganalisis satu set uang kertas satu dollar yang diperoleh dari Bank Manhattan. Ditemukan, kedua set uang itu dipenuhi dengan bakteri.

“Uang berfungsi sebagai fomite, di mana patogen dapat menyebar,” ungkap Direktur Medis Pencegahan Infeksi di Providence St. Joseph Health, Charles Bailey, melansir Insider.

Jika menyentuh uang lalu menyentuh tangan orang lain, dikatakan dapat menyebarkan bakteri. Atau jika menyentuh uang kotor dan kemudian menyentuh kenop pintu, tombol lift, atau menyentuh layar ATM, bisa menyebabkan infeksi.

Hal itu juga disampaikan oleh Dokter Keluarga di Virginia sekaligus kepala penasehat medis di Your Doctors Online, Richard Honaker. Ia mengatakan, baik uang kertas atau koin, kuman yang menempel dapat menyebar ke tangan orang lain.

Sebab, kuman atau virus sangat mudah menyebar lewat uang kertas yang kotor. Meski berapa lama kuman hidup di uang kertas, virus tersebut dapat hidup hingga 72 jam.

“Sebaiknya coba bersihkan uang itu, karena itu berpotensi penyakit,” ungkap Charles Bailey.

Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, agar terlindung dari bakteri yang berasal dari uang kotor, sebaiknya Anda bisa lakukan pencegahan diri, antara lain:

-Cuci tangan Anda dengan sabun, atau pembersih tangan setelah menyentuh uang koin dan kertas.

-Pakai sarung tangan atau sarung tangan sanitasi sekali pakai. Karena ini dapat melindungi tangan Anda dari kuman yang berasal dari uang.

Berita Terkait

Berita Terkini