Info

Respons Imun Virus Corona Omicron dapat Melawan Infeksi Varian Delta

Bagaimana maksudnya?

Rosiana Chozanah

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Studi dari Afrika Selatan menunjukkan varian Omicron dapat menggantikan varian Delta, sebab infeksi dari strain baru ini meningkatkan kekebalan terhadap varian yang terdahulu.

Berdasarkan laporan US News, riset ini menemukan bahwa orang yang terinfeksi Omicron, terutama mereka yang sudah divaksinasi, bisa meningkatkan kekebalan dalam melawan Delta.

Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis 33 orang di Afrika Selatan yang sudah dan tidak divaksinasi Covid-19, lalu terinfeksi Omicron.

Peneliti menemukan kemampuan untuk menetralisir Omicron meningkat 14 kali lipat selama 14 hari, serta peningkatan 4,4 kali lipat dalam menetralisir infeksi varian Delta.

"Peningkatan netralisasi varian Delta pada orang yang terinfeksi Omicron dapat mengakibatkan penurunan kemampuan Delta untuk menginfeksi kembali orang tersebut," kata penulis studi.

Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)

Mereka melanjutkan, "Hasil penelitian konsisten dengan Omicron menggantikan varian Delta, karena kekebalan yang menetralkan Delta itu, membuat orang lebih kecil kemungkinannya terkena infeksi ulang varian Delta."

Profesor di Institut Penelitian Kesehatan Afrika, Afrika Selatan, mencuit di Twitter pada Senin (27/12/2021) bahwa Omicron kurang patogen, seperti yang terlihat dari pengalaman kasus di Afrika Selatan.

"Ini akan membantu mendorong hilangnya varian Delta," sambung mereka.

Menurut penelitian sebelumnya, ada penurunan risiko rawat inap dan penyakit parah pada orang yang terinfeksi Omicron dibandingkan dengan varian Delta di negara ini.

Tetapi penulis juga mengatakan beberapa penyebabnya kemungkinan karena kekebalan populasi tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini