Info

WHO: Pandemi Virus Corona Bisa Berakhir Tahun Ini, Asalkan...

Ketidakadilan yang terjadi selama pandemi virus corona ini, seperti distribusi vaksin Covid-19 dan perawatan yang tidak merata, harus segera diakhiri.

Rosiana Chozanah

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Shutterstock)
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Shutterstock)

Himedik.com - Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dalam sebuah pernyataan pekan lalu bahwa 2022 ini merupakan akhir dari pandemi virus corona.

"Memasuki tahun ketiga pandemi Covid-19, saya yakin ini akan menjadi tahun kita mengakhirinya. Tetapi hanya jika kita melakukannya bersama-sama," kata Tedros, dilansir Live Mint.

Menurutnya, ketidakadilan yang terjadi selama pandemi virus corona ini, seperti distribusi vaksin Covid-19 dan perawatan yang tidak merata, harus segera diakhiri.

Tedros juga mengatakan bahwa sekarang ini sudah banyak 'alat baru' untuk mencegah dan mengobati Covid-19.

"Semakin lama ketidakadilan berlanjut, semakin tinggi risiko virus ini berkembang dengan cara yang tidak dapat kita cegah atau prediksi. Jika kita mengakhiri ketidakadilan, kita mengakhiri pandemi," imbuhnya.

Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)

Sang kepada WHO mengungkapkan dampak jika pandemi yang tak kunjung berakhir, seperti jutaan orang telah melewatkan jadwal vaksinasi rutin serta layanan untuk keluarga berencana, dan pengobatan penyakit menular serta tidak menular.

Lebih lanjut, Tedros juga menekankan bahwa WHO telah mempersiapkan dunia untuk epidemi dan pandemi di masa depan.

"Kami mendirikan Sistem BioHub WHO yang baru untuk semua negara agar dapar berbagi materi biologis baru," tambahnya.

Ia melanjutkan, "Kita membutuhkan semua negara untuk bekerja sama demi mencapai target global memvaksinasi 70% orang di setiap negara pada pertengahan 2022."

Berita Terkait

Berita Terkini