Info

6 Sayuran Berdaun Hijau yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Ini Daftarnya

Bayam menjadi sayuran berdaun hijau yang paling sering dikonsumsi

Yasinta Rahmawati

Selada merah dan hijau. (pixabay)
Selada merah dan hijau. (pixabay)

Himedik.com - Sayuran berdaun hijau dikenal sebagai sumber makanan sehat. Sayuran berdaun hijau berikut memiliki kandungan yang mampu melindungi dari penyakit berbahaya.

Beberapa sumber yang ditemukan lewat sayuran berdaun hijau mulai dari kaya akan vitamin, mineral, kalsium, protein, zat besi, serat, asam folat, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Sehingga kandungan tersebut, dapat berdampak baik untuk kesehatan jantung, gula darah, sistem kekebalan, dan perbaikan sel tubuh..

Melansir dari laman Healthshots, berikut enam sayuran berdaun hijau yang perlu Anda ketahui. Ini dia!

Daun selada dapat membantu melawan peradangan serta meningkatkan kesehatan jantung Anda. Kandungan yang ditawarkan dari daun ini adalah, mulai dari antioksidan seperti vitamin C, A, K, dan potasium. Kandungan seratnya mampu melancarkan pencernaan dan membantu penurunan berat badan. Sedangkan manfaat lainnya juga bisa menenangkan sistem saraf dan meningkatkan kualitas tidur.

Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, sayuran yang paling sering dikonsumsi ini kaya akan karotenoid, vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, hingga kalsium. Lewat kandungan seratnya, disebut mampu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Selain itu, bayam yang memiliki kandungan senyawa lutein ini, mampu meningkatkan kesehatan mata, tulang, dan mengontrol tekanan darah.

Bayam. (pixabay/ponce_photography)
Bayam. (pixabay/ponce_photography)

 

  • Daun Kari

Mayoritas orang cenderung menghindari daun kari. Padahal, daun ini sangat berkhasiat untuk kesehatan Anda, di mana kandungan sifat antibakteri dan anti-mikroba nya mampu meningkatkan kesehatan mulut. Sementara itu, daun ini juga bermanfaat untuk mengelola diabetes, kolesterol, hingga penyakit perut.

  • Daun Mint

Jarang disadari, daun mint dapat membantu melawan penyakit, meredakan gangguan pencernaan, hingga mengurangi bau mulut. Tentunya, daun ini dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien. Selain itu, kandungan sumber mineralnya seperti fosfor, kalsium, vitamin C, D, E, dan A, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mint. (YouTube)
Mint. (YouTube)

 

  • Daun Peterseli

Daun peterseli memiliki kandungan rendah kalori dan nutrisi yang penting, seperti vitamin A, K, dan C. Vitamin A dan C adalah antioksidan untuk meningkatkan kekebalan Anda. Bahkan, kedua vitamin ini juga baik untuk kesehatan kulit serta mata Anda.

Selain vitamin K yang juga mendukung kesehatan tulang dan jantung, daun peterseli juga memiliki sumber mineral yang baik untuk tubuh. Salah satunya kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium.

  • Daun Fenugreek

Daun ini dikenal karena memiliki sumber fitonutrien dan beberapa antioksidan lainnya, seperti vitamin C, vitamin A, dan beta karoten untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Daun ini juga memiliki indeks glikemik rendah dan kalsium, di mana ini membantu untuk mengontrol glukosa hingga membantu mencegah dari osteoporosis.

Berita Terkait

Berita Terkini