Info

Mandi Dapat Memunculkan Ide Cemerlang atau Pikiran Kreatif

Sebanyak 72% orang-orang menemukan ide baru di kamar mandi.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi mandi. (Shutterstock)

Himedik.com - Ada banyak manfaat dari mandi, salah satunya menjadi lebih kreatif dan memiliki pemikiran ide cemerlang. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 lalu.

Dalam sebuah survei konsumen yang dilakukan oleh psikolog kognitif Scott Barry Kaufman ditemukan bahwa 72% orang-orang menemukan ide baru di kamar mandi. Selain itu 14% orang mandi mendapatkan wawasan kreatif.

Studi ini dilakukan pada 4000 orang berusia 18 hingga 64 tahun di 8 pasar online berbeda, yakni Brasil, Cina, Prancis, Jerman, Afrika Selatan, Spanyol, Inggris, dan AS.

Menurut survei ini, orang menghabiskan rata-rata 70 menit di kamar mandi setiap hari. Selain itu, peneliti menemukan banyak kelompok usia muda, 18 hingga 34 tahun, melakukan mandi hanya untuk menemukan ide-ide baru, pemikiran segar, atau solusi sebuah masalah, lapor Medium.

Ilustrasi mandi (Shutterstock)

"Sensasi guyuran air yang dikombinasikan dengan ketenangan ritual mandi dapat membantu membebaskan otak dan merangsang pemikiran segar," jelas wakil CEO perusahaan Hansgrohe, Richard Grohe. Ini adalah sebuah perusahaan perlengkapan kebersihan dari Jerman.

Apa yang terjadi dalam pikiran kita saat mandi?

Saat kita mandi, bagian unik dari otak mengaktifkan 'dirinya sendiri'.

Psikolog menyebutnya jaringan mode default (DMN) di mana rangkaian ide bertabrakan secara tidak berhubungan dengan beragam ide dalam pikiran alam bawah sadar kita, sehingga terbentuk koneksi baru.

Untuk mengaktifkan DMN kamu dituntut untuk fokus pada dunia dalam, terputus dari dunia luar. Begitu juga kamu harus bebas dari tugas yang menuntut melakukan introspeksi, memikirkan masa lalu atau masa depan.

Beberapa psikolog menduga hal ini berhubungan dengan dopamin. Sebab, ketika dopamin dilepaskan kita akan merasa kreatif. Selama mandi, hormon ini mengalir secara melimpah.

Berita Terkait

Berita Terkini