Info

Manfaat Daun Selada yang Perlu Anda Tahu, Tak Cuma Menambah Warna Salad Lebih Meriah

Daun selada merupakan sumber antioksidan yang hebat.

Yasinta Rahmawati

Daun selada di salad. (pixabay)
Daun selada di salad. (pixabay)

Himedik.com - Daun selada menjadi salah satu sayuran paling populer. Tapi tahukah kamu, selain hijau, daun selada ternyata ada juga yang berwarna merah tua hingga ungu.

Di balik warnanya yang menambah visual hidangan lebih meriah, daun selada juga memberi banyak manfaat kesehatan. Dan semakin gelap warna daun selada, maka semakin besar juga kandungan nutrisinya.

Nah, apa saja manfaat daun selada untuk kesehatan? Simak 7 manfaatnya di bawah ini, seperti dikutip dari Suara.com yang melansir Health Shots:

1. Antioksidan

Daun selada merupakan sumber antioksidan yang hebat, yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Daun selada juga memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi berkat kandungan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, dan quercetin.

2. Serat

Daun selada memiliki jumlah serat yang baik yang membantu dalam mencegah sembelit. Selain itu, sayur ini juga sangat rendah kalori, sehingga membantu orang-orang yang berencana menurunkan berat badan.

Selada merah dan hijau. (pixabay)
Selada merah dan hijau. (pixabay)

3. Kalsium

Selada mengandung kalsium yang menjaga kesehatan tulang, membantu otot berkontraksi, dan juga membantu mekanisme pembekuan darah.

4. Kalium

Daun selada adalah sumber yang kaya potasium, yang berfungsi membantu kesehatan jantung.

5. Vitamin dan mineral lainnya

Daun selada menawarkan banyak vitamin dan mineral. Salah satunya adalah vitamin A yang tersedia dalam bentuk beta karoten, yang berfungsi membantu menjaga penglihatan mata. Kemudian juga vitamin C yang membantu melawan flu, pilek, dan batuk.

6. Kandungan air

Selada memiliki kandungan air yang baik dan membantu dalam menangkal haus dan dehidrasi. Dan juga tidak mengandung lemak atau kolesterol apapun.

7. Besi

Selada merupakan sumber folat yang baik yang membantu kehamilan dengan mencegah cacat tabung saraf dan juga menjaga kadar homosistein dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini