Info

Kolesterol Tinggi, Waspadai 3 Gejalanya Pada Tangan!

Kolesterol tinggi bisa menimbulkan sejumlah gejala pada tangan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tangan (Unplash/Milada Vigerova)
Ilustrasi tangan (Unplash/Milada Vigerova)

Himedik.com - Kolesterol tinggi salah satu kondisi yang bisa memicu masalah kesehatan serius. Kolesterol tinggi terjadi ketika Anda memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah.

Kolesterol tinggi beroperasi di bawah permukaan, seperti prekursor lain untuk serangan jantung atau stroke.

Karena itulah, sanga penting untuk mengenali setiap gejala peringatannya. Ada 3 gejala peringatan kolesterol tinggi yang bisa Anda deteksi di tangan.

Penumpukan kolesterol ini bisa menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini bisa terjadi terus-menerus dan membuat tangan serta kaki terasa nyeri.

Sensasi kesemutan yang dirasakan di area tubuh ini juga bisa menunjukkan tingkat kolesterol yang sangat tinggi.

The American Academy of Dermatology Association dilansir dari Express,  mengatakan benjolan kecil, kuning, dan berwarna merah pada tangan bisa mengindikasikan kadar kolesterol tinggi.

Ilustrasi kolesterol tinggi (Unsplash)
Ilustrasi kolesterol tinggi (Unsplash)

Benjolan ini muncul di siku, sendi, tendon, lutut, tangan atau kaki. Kondisi ini bisa berupa benjolan atau endapan kolesterol, suatu kondisi yang terjadi akibat kadar kolesterol tinggi atau masalah kesehatan serius lainnya, seperti pankreatitis.

Beberapa benjolan bisa sangat kecil, sementara yang lain bisa lebih besar dari tiga inci dengan diameter.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Engineering and Informatics, melihat bagaimana lipatan yang tidak biasa di tangan bisa menjadi indikasi kadar kolesterol tinggi.

NR Shanker dari Institut Teknik dan Teknologi Sree Sastha dan rekan menjelaskan bagaimana mereka telah mengembangkan cara non-invasif untuk menguji kadar kolesterol pada pasien dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Pendekatan mereka didasarkan pada pembuatan database besar kadar kolesterol yang direkam menggunakan tes darah standar dan dikaitkan dengan foto standar tangan untuk setiap pasien. Sebab, kolesterol terkonsentrasi di lipatan jari seseorang.

Timbunan lemak kolesterol yang disebut xanthomas dapat muncul di lipatan tangan. Timbunan lemak kolesterol yang disebut xanthomas dapat muncul di lipatan tangan.

Meskipun tes darah adalah cara yang dapat diandalkan untuk menentukan kadar kolesterol, para peneliti India telah membuktikan bahwa adanya kadar kolesterol total yang berbeda juga dapat diungkapkan melalui analisis citra kulit.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak akan mengalami gejala kolesterol tinggi, sehingga satu-satunya cara untuk mengukur kadar kolesterol darah adalah melakukan tes darah.

Berita Terkait

Berita Terkini