Info

4 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Beberapa manfaat buah nanas ini mungkin belum Anda tahu.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi buah nanas. (Pixabay)
Ilustrasi buah nanas. (Pixabay)

Himedik.com - Di balik warna kuning cerahnya, buah nanas menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tentunya, manfaat buah nanas berangkat dari kandungan yang sangat kaya akan nutrisi. 

Nanas mengandung protein, serat, karbohidrat, gula, vitamin A, vitamin C, folat, kalium, magnesium, vitamin B, kolin, selenium, zink, serta antioksidan dan bromelain. Berikut beberapa manfaat buah nanas yang mungkin belum Anda tahu, dilansir dari Suara.com.

1. Untuk Imunitas Tubuh

Konsumsi sebanyak 150 gram buah nanas segar bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian untuk orang dewasa. Vitamin C berperan besar untuk meningkatkan daya tahan tubuh da ri serangan penyakit atau virus.

Selain itu, Anda juga akan memiliki tubuh yang lebih fit dan segar dalam melaksanakan aktivitas setiap hari. Dengan begini kesehatan bisa terjaga lebih baik, dan aktivitas tidak akan mudah terganggu.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Tulang

Nanas juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang. Kandungan yang berperan dalam hal ini adalah vitamin B, vitamin C, mangan, dan antioksidan. Tercukupinya asupan nutrisi ini bisa membantu Anda terlindung dari efek buruk paparan sinar UV.

Buah nanas juga memiliki banyak kandungan yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Buah nanas. (pixabay/Security)
Buah nanas. (pixabay/Security)

3. Mengurangi Peradangan

Manfaat buah nanas yang ketiga adalah membantu mengurangi terjadinya peradangan. Kandungan Bromelain yang ada di dalamnya bisa berfungsi sebagai zat yang mengurangi hal tersebut, seperti yang terjadi pada sinusitis, radang tenggorokan, atau bahkan radang sendi.

Saat dikonsumsi secara rutin ketika batuk berdahak, Anda juga akan merasakan manfaat lain yakni membantu mengencerkan dahak.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Saat Anda mengalami masalah pencernaan, buah ini juga bisa jadi alternatif yang baik membantu mengatasinya. Mulai dari intoleransi makanan, sembelit, hingga berbagai keluhan lain, bisa terasa lebih ringan saat Anda mengkonsumsi buah ini.

Pada beberapa penelitian juga disebutkan bahwa kandungan bromelain bisa membantu meringankan peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif.

Itulah beberapa manfaat buah nanas yang mungkin belum Anda tahu. Tapi meski ada banyak manfaatnya, tetap konsumsi dalam porsi wajar ya.

Berita Terkait

Berita Terkini