Info

Jangan Pakai Mainan Seks yang Sama 2 Kali dalam 24 Jam, Ini Dampak Buruknya!

Ahli sarankan semua orang tidak memakai mainan seks yang sama dua kali dalam 24 jam, terlebih tanpa dibersihkan.

Shevinna Putti Anggraeni

Dildo, mainan seks (Pixabay/KlausHausmann)
Dildo, mainan seks (Pixabay/KlausHausmann)

Himedik.com - Ahli seksual menyarankan semua orang tidak boleh menggunakan mainan seks atau dilso yang sama lagi sebanyak 2 kali dalam waktu 24 jam, meskipun Anda sudah membersihkannya.

Anda memang perlu membersihkan mainan seks dengan baik dan benar sebelum memakainya. Karena, penggunaan mainan seks yang tidak bersih akan membahayakan kesehatan.

Tetapi, seorang ahli mengatakan beberapa kuman akan tetap ada dan hidup pada mainan seks selama sekitar 24 jam meskipun Anda sudah membersihkannya dengan sabun maupun scrub setelah memakainya.

Pippy Murphy, pakar seks dan hubungan di condoms.co.uk mengatakan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa virus bisa tetap berada pada mainan sekes selama 24 jam setelah Anda membersihkan dan mencucinya.

"Karena itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan mainan seks. Jangan menggunakan mainan seks yang sama selama 24 jam atau lebih dari sekali meskipun sudah dibersihkan," kata Pippy dikutip dari The Sun.

Ilustrasi berhubungan seks, hubungan seks (Unsplash/Becca Tapert)
Ilustrasi berhubungan seks, hubungan seks (Unsplash/Becca Tapert)

Dr Deborah Lee menambahkan Anda harus menjaga kebersihan benda apapun yang berhubungan atau akan dimasukkan ke dalam vagina, termasuk mainan seks.

Karena, bakteri seperti salmonella, shigella, E. Coli, dan campylobacter dapat menyebar melalui penggunaan mainan seks, seperti halnya hepatitis A, B dan C, klamidia, dan gonore.

"Jika Anda tidak mengikuti saran, Anda berisiko mengalami trauma pada area genital, kerusakan jaringan genital atau mengembangkan infeksi serta reaksi alergi," jelasnya.

Pippy telah mengumpulkan beberapa tips untuk menjaga dan merawat mainana seks. Anda harus membersihkan mainan seks setiap kali selsai digunakan.

Meskipun terkesan ribet, mainan seks yang tidak dijaga kebersihannya membuat Anda berisiko terkena bakteri pada alat kelamin saat menggunakannya.

Anda bisa membersihkan mainan seks menggunakan sabun dan air mengalir. Pada sebagian besar mainan seks yang terbuat dari silikon, kaca, logam atau PVC, Anda bisa membersihkannya menggunakan sabun dan air hangat.

Anda juga harus membersihkannya setidaknya selama 20 detik, jumlah waktu yang sama dengan mencuci tangan.

Tapi, pastikan menggunakan sabun yang tidak beraroma dan lembut sehingga tidak akan mengacaukan keseimbangan PH organ intim dan menyebabkan infeksi saat digunakan.

Gunakan sikat gigi khusus untuk membersihkan bagian sudut atau celah yang sulit terjangkau.

Berita Terkait

Berita Terkini