Info

Jangan Pakai Tisu Toilet Beraroma Lagi, Ini Lho Risikonya untuk Kesehatan!

Kebiasaan pakai tisu toilet saat buang air kecil justru tidak baik untuk kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tisu toilet. (Pixabay/kropekk_pl)
Ilustrasi tisu toilet. (Pixabay/kropekk_pl)

Himedik.com - Anda mungkin selalu menggunakan tisu toilet untuk membersihkan dna mengeringkan area organ intim setelah buang air .

Beberapa orang mungkin juga mengira tisu toilet yang berbau harum lebih higienis dan lebih baik. Tapi, ahli kesehatan dan kesejahteraan, Stephanie Taylor mengatakan penggunaan tisu toilet yang berbau harum justru tidak baik untuk kesehatan organ intim.

Hal itu karena tisu toilet berbau harum sering mengandung bahan kimia yang kurang baik untuk organ intim.

Jika digunakan terlalu sering, bahan kimia dalam jaringan beraroma dapat mengiritasi kulit di sekitar organ intim yang menyebabkan gatal dan terbakar.

Bahkan, penggunaan tisu toilet roll yang beraroma bisa membuat Anda berisiko mengalami berbagai kondisi, mulai dari pruritus ani hingga wasir.

Ilustrasi Buang Air Besar, tisu toilet (freepik)
Ilustrasi Buang Air Besar, tisu toilet (freepik)

Adapun masalah kesehatan yang mungkin Anda hadapi akibat penggunaan tisu toilet beraroma, termasuk:

  1. Pruritus ani
  2. Fisura anal
  3. Mikroabrasi
  4. Wasir
  5. Rektal
  6. Benjolan kulit yang mendorong melalui anus

"Penggunaan produk beraroma apapun memang tidak disarankan untuk area anus atau vagina," jelas Taylor dikutip dari Express.

Selain pruritus ani, produk beraroma dapat menyebabkan fisura anus, kerusakan mikro atau wasir, iritasi pada daerah anus, pendarahan dubur, robekan atau retakan yang terlihat saat buang air besar atau benjolan kulit yang mendorong melalui anus.

Pruritus ani adalah kondisi umum yang mempengaruhi setidaknya lima persen dari populasi. Kondisi ini menyebabkan gatal pada anal. Bila Anda mengalami gejala kondisi ini, Anda harus konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Berita Terkait

Berita Terkini