Info

Jangan Makan Telur Setiap Hari, Ini Lho 5 Efeknya Pada Tubuh!

Makan telur setiap hari bisa menyebabkan beberapa dampak buruk pada kesehatan tubuh, salah satunya sembelit.

Shevinna Putti Anggraeni

Telur. (pixabay/stevepb)
Telur. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Telur sebagai sumber protein memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak perlu diragukan, mulai dari menjaga berat badan, meningkatkan kesehatan mata dan lainnya.

Tapi, penelitian baru menunjukkan bahwa lebih baik mengganti telur dengan makanan lain yang mencakup nutrisi serupa.

Karena dilansir dari Bright Side, terlalu banyak konsumsi telur juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini dampak terlalu sering makan telur.

1. Sembelit

Telur memiliki banyak protein, tetapi tidak memiliki serat yang membantu pencernaan. Kurangnya serat menyebabkan sembelit.

Jika Anda hanya makan telur, Anda mungkin bisa mengalami sembelit. Karena itulah, lebih baik mencampur telur dengan makanan berserat tinggi, seperti bayam dan tomat.

Sembelit (pixabay)
Sembelit (pixabay)

2. Menurunkan peluang hidup

Sebuah penelitian menemukan bahwa makan telur kebanyakan bisa menurunkan peluang hidup, karena kuning telur memiliki kadar kolesterol tinggi.

Makan lebih banyak telur memang bisa meningkatkan risiko ini pada siapa pun dan usia berapa pun. Karena itu, janganlah selalu makan telur setiap minggunya.

Anda bisa mengganti kuning telur dengan makanan nabati, seperti ikan, kacang-kacangan, pasta, dan roti untuk meningkatkan peluang hidup lebih lama.

3. Jerawat

Jerawat disebabkan oleh tingginya kadar hormon progesteron yang mengandung banyak telur. Secara alami, tubuh kita memproduksi hormon ini sendiri, makan telur membuat tubuh memproduksi hormon ini lebih banyak.

4. Penyakit jantung

Umumnya, orang sehat dapat makan sekitar 7 butir telur per minggu tanpa efek menyakitkan. Konsumsi telur sebanyak ini mungkin baik untuk mengurangi kemungkinan stroke atau memperbaiki penglihatan.

Namun, jika Anda menderita kondisi kesehatan, seperti diabetes, makan telur sebanyak ini dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang makan lebih dari satu telur setiap hari memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung.

5. Perut kembung

Pada orang yang intoleran dengan telur, mengonsumsinya secara rutin bisa menyebabkan kembung. Intoleransi telur itu berarti Anda tidak dapat mencerna elemen tertentu dalam telur dengan baik dan Anda mungkin tidak memiliki enzim tertentu dalam tubuh yang dapat memecahnya.

Kondisi ini tidak hanya membuat Anda kembung, tetapi Anda juga bisa mengalami sakit perut, sakit kepala, dan ketegangan.

Berita Terkait

Berita Terkini