cancel
Sabtu, 28 Januari 2023

4 Perbedaan Hepatitis Akut dan Hepatitis Biasa, Ketahui Apa Saja

Hepatitis biasa, seperti tipe A, B, C, D, dan E, bisa dengan mudah dideteksi dengan tes yang sudah ada sekarang ini. Sialnya untuk hepatitis akut, deteksi yang dilakukan tidak memberikan hasil apapun.

Yasinta Rahmawati
share on facebook share on twitter share on line share on telegram share on whatsapp copy to clipboard
Ilustrasi hepatitis. (Pixabay)
Ilustrasi hepatitis. (Pixabay)

Himedik.com - Indonesia saat ini tengah menaruh perhatian besar pada hepatitis akut misterius. Sejauh ini tercatat sudah ada 14 kasus dugaan hepatitis akut di Indonesia, enam di antaranya meninggal dunia.

Namun demikian, belum banyak yang memahami benar perbedaan hepatitis akut dan hepatitis biasa yang sudah ada sebelumnya.

Maka untuk memberikan pengetahuan lebih baik, Anda bisa melihat perbedaan hepatitis akut dan hepatitis biasa tersebut di bawah ini, dilansir dari Suara.com

Penyebab

Hepatitis biasa disebabkan oleh infeksi virus hepatitis ke dalam tubuh manusia. Di sisi lain, hepatitis akut terdeteksi berasal dari adanya infeksi adenovirus yang masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara.

Meski disebabkan oleh virus yang berbeda, namun gejala yang muncul akan sangat mirip. Misalnya saja demam, kelelahan, pusing, tidak enak badan, dan menurunnya nafsu makan.

Ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa

Penyakit hepatitis di berbagai jenis yang sudah dikenali sebelumnya memang ada sejak lama. Meski penyebarannya masih cukup masif, namun status dari WHO untuk penyakit ini cenderung standar saja.

Di sisi lain hepatitis akut sudah masuk dalam golongan Kejadian Luar Biasa karena dapat menyerang anak-anak dan efeknya sangat serius. Masifnya penyebaran penyakit ini dalam kurun waktu yang singkat, membuatnya menjadi perhatian organisasi kesehatan dunia tersebut.

Deteksi oleh Tes Hepatitis

Hepatitis biasa, seperti tipe A, B, C, D, dan E, bisa dengan mudah dideteksi dengan tes yang sudah ada sekarang ini. Sialnya untuk hepatitis akut, deteksi yang dilakukan tidak memberikan hasil apapun. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan dan upaya tes, penderita hepatitis akut tidak menunjukkan hasil positif pada rangkaian tes yang dilakukan.

Tentu ini jadi tantangan besar, karena dengan sulitnya deteksi hepatitis akut maka penanganan yang dilakukan juga cenderung akan lebih kompleks.

Asal Hepatitis

Menjadi pemahaman umum mengenai asal muasal hepatitis biasa yang sudah ada dalam waktu lama. Namun hepatitis akut, hingga saat artikel ini ditulis, belum dapat dipastikan asalnya. Penelitian yang dilakukan belum menemukan keterkaitan dengan faktor lain yang bisa jadi penyebab atau bocoran cara mengobatinya.

Berbagai jenis penelitian dan pembelajaran berlu dilakukan agar dapat segera dipastikan informasi terkait penyakit ini.

Itulah sederet perbedaan hepatitis akut dan hepatitis biasa yang perlu Anda tahu. Semoga berguna dan selamat melanjutkan aktivitas berikutnya!

Terkait

Terkini