Info

6 Manfaat Makan Jamur, Salah Satunya Melindungi dari Penyakit Jantung

Ada berbagai manfaat makan jamur jika dikonsumsi secara rutin.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi jamur. (Pixabay)
ilustrasi jamur. (Pixabay)

Himedik.com - Ada banyak jenis jamur yang bisa dikonsumsi, seperti jamur tiram, jamur kancing, shimeji hingga shiitake. Manfaat makan jamur sendiri cukup banyak, karena ia memiliki kandungan senyawa bioaktif, terutama ergothioneine, ergosterol, vitamin D, beta-glukan hingga selenium yang baik untuk kesehatan.

Secara keseluruhan, nilai gizi jamur dapat dikaitkan dengan kandungan serat, vitamin, mineral, dan konsentrasi protein yang tinggi serta kadar lemaknya yang rendah.

Dihimpun dari sejumlah sumber, simak berikut ini manfaat makan jamur untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui, seperti dirangkum oleh Suara.com:

1. Sifat antioksidan

Menurut American National Cancer Institute, vitamin D dan sifat antioksidan jamur dapat melindungi paru-paru, payudara, prostat, dan jenis kanker lainnya dengan mengatur siklus pertumbuhan sel. Selain itu, jamur juga dapat mengurangi risiko Alzheimer.

 2. Melindungi dari penyakit jantung 

Serat, kalium, dan enzim dalam jamur bertanggung jawab untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. The American Heart Association merekomendasikan untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung potasium untuk menjaga kesehatan jantung yang baik.

Jamur kancing. (pixabay/Bayhaus)
Jamur kancing. (pixabay/Bayhaus)

 

 3. Makanan diabetes yang bagus 

Kehadiran beta-glukan dalam jamur dapat mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh  

Kandungan selenium, alfa dan beta-glukan yang ditemukan dalam jamur dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membantu tubuh Anda melawan infeksi.

 5. Memperkuat tulang 

Jamur sarat dengan kalsium dan vitamin D, yang membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Karena jamur ini berkontribusi pada tulang yang kuat. Itu artinya, mengosumsi jamur membantu untuk memperkuat tulang Anda.

 6. Menurunkan berat badan 

Jamur termasuk makanan bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah sodium. Sehingga berguna dalam program penurunan berat badan atau diet.

Itulah 6 manfaat makan jamur untuk kesehatan yang perlu diketahui. Tapi tentunya konsumsi jamur dalam porsi secukupnya ya.

Berita Terkait

Berita Terkini