Info

Daftar Sayuran untuk Penderita Asam Urat, Tetap Aman Meski Mengandung Purin

Bayam mengandung purin dengan kadar yang cukup tinggi, tapi purin yang ada pada bayam justru aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Yasinta Rahmawati

Bayam. (pixabay/ponce_photography)
Bayam. (pixabay/ponce_photography)

Himedik.com - Penderita asam urat perlu menjaga pola makan yang disiplin untuk menghindari gejalanya kambuh. Banyak yang menganggap, sayuran untuk penderita asam urat yang harus dihindari adalah bayam. Namun sebenarnya, bayam masih boleh dikonsumsi, lho.

Nah, daftar di bawah ini adalah sayuran untuk penderita asam urat yang aman untuk dikonsumsi. Namun ingat, sayuran ini masih mengandung purin, jadi konsumsi dengan porsi bijak.

Berikut daftar sayuran untuk penderita asam urat, dirangkum dari Suara.com.

1. Brokoli

Kadar asam urat juga bisa diturunkan dengan konsumsi vitamin C yang rutin. Brokoli, menjadi salah satu sayuran dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Maka dari itu konsumsi brokoli secara rutin bisa jadi salah satu solusi pengobatan asam urat.

2. Bayam

Bayam mengandung purin dengan kadar yang cukup tinggi. Meski demikian purin yang ada pada bayam justru aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ini karena bayam juga mengandung banyak nutrisi lain yang bisa membantu penderita asam urat dalam proses penyembuhan.

Artinya, kadar purin yang ada pada bayam tidak akan membawa efek buruk jika dibandingkan dengan kadar nutrisi lainnya.

3. Jamur

Jamur, dengan berbagai jenis dan olahannya, menjadi salah satu sayur yang direkomendasikan untuk penderita asam urat. Hal ini karena jamur memiliki kandungan serat yang kaya dan rendah kalori. Dua zat ini bisa membantu penyembuhan asam urat dari waktu ke waktu.

Ilsutrasi jamur. (Pixabay/Pexels)
Ilsutrasi jamur. (Pixabay/Pexels)

4. Kentang

Mudah diolah dalam banyak versi masakan, kentang yang mengandung vitamin C juga sangat baik dikonsumsi penderita asam urat. Meski memang terdapat kandungan purin, namun sifatnya akan serupa dengan bayam. Manfaat yang dirasakan tubuh akan lebih besar daripada kadar purin yang ada di dalam kentang.

5. Timun

Dengan kandungan air yang banyak, timun bisa memenuhi asupan cairan tubuh harian agar merangsang ginjal memproduksi urine. Setidaknya kadar air dalam timun bisa mencapai 95% dari beratnya. Ini membantu ginjal tetap berfungsi optimal, serta mencegah terbentuknya batu ginjal.

6. Seledri

Seledri kaya akan kandungan luteolin, 3-n-butylphthalide atau 3nB, dan Beta-selinene. Ketiganya dapat mengurangi kadar asam urat, mengurangi inflamasi yang terjadi, serta berperan sebagai kandungan antioksidan. Anda bisa dengan mudah mencampurkannya ke sup atau dijadikan jus yang segar.

7. Berbagai Jenis Kacang-kacangan

Protein yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan dari berbagai jenis kacang-kacangan. Sebagai alternatif pengganti daging, kacang-kacangan sangat baik untuk penderita asam urat. Kombinasikan dengan sayur dan buah untuk konsumsi hariannya. Ingat, tetap batasi jumlah konsumsinya ya.

Itulah beberapa sayuran untuk penderita asam urat yang bisa direkomendasikan. Ingat untuk konsumsi dalam porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini