Info

Kontrol Tekanan Darah Tinggi, Ini Jenis Daging yang Aman Dikonsumsi!

Ada jenis daging tertentu yang aman dikonsumsi dan baik dalam mengontrol tekanan darah tinggi.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. (Pixabay)
Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. (Pixabay)

Himedik.com - Penelitian di China menemukan ikan berminyak yang kaya omega 3 bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Jurnal yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, mengatakan bahwa makan satu fillet ikan salmon setiap hari bisa membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Studi ini menemukan bahwa makan tiga gram asam lemak omega-3 setiap hari dapat mengurangi penyebab peningkatan tekanan darah dalam 10 minggu.

Tapi dilansir dari Express, Anda harus makan sekitar 120 gram ikan salmon untuk mendapatkan 3 gram asam lemak omega-3 tersebut.

Jika Anda bukan penggemar salmon, ikan berminyak lainnya, termasuk makarel, trout, dan tuna, juga bisa membantu.

Hasil dari 70 penelitian yang melibatkan 5.000 peserta, para peneliti melihat hubungan antara omega-3 dan tekanan darah.

Dua jenis utama omega 3 adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

ilustras ikan salmon (Pixabay/picjumbo_com).
ilustras ikan salmon (Pixabay/picjumbo_com).

Para peneliti menganalisis bagaimana asam yang tepat ini mempengaruhi hipertensi. Subyek penelitian mengkonsumsi jumlah asam lemak yang berbeda rata-rata selama sekitar 10 minggu.

Temuan peneliti menunjukkan bahwa mereka yang memiliki 2 hingga 3 gram asam lemak DHA dan EPA omega-3 mengalami penurunan tekanan darah.

Mereka akan mengalami penurunan tekanan darah rata-rata dua milimeter air raksa (mmHg) pada tekanan sistolik dan diastolik.

Jika Anda tidak sadar, tekanan darah diukur sebagai dua angka dalam mmHg. Terlebih lagi, mereka yang menderita hipertensi mengalami penurunan lebih dari dua kali lipat.

Dr Xinzhi Li, penulis penelitian, menjelaskan bahwa orang dewasa dapat mengalami penurunan tekanan darah dari makan ikan dalam porsi ekstra.

Salah satu alasan mengapa asam lemak begitu kuat adalah kemampuannya untuk mengendurkan dinding arteri dan mengatur kontraksi dinding ini.

Menurut definisi, tekanan darah tinggi menggambarkan kekuatan jangka panjang darah terhadap dinding arteri Anda yang cukup tinggi sehingga memicu masalah kesehatan. Jadi, mengendurkan arteri bisa membantu kondisi ini.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 apat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah masalah jantung.

NHS merekomendasikan setiap orang untuk makan setidaknya dua porsi ikan setiap minggu, termasuk satu porsi ikan berminyak.

Berita Terkait

Berita Terkini