Info

Cegah Penularan Cacar Monyet, Penderita Harus Ikuti Aturan Pembatasan Sosial Ini!

Aturan pembatasan sosial perlu ditetapkan bagi penderita cacar monyet saja.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. (Pexels)
Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. (Pexels)

Himedik.com - Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengeluarkan pedoman baru untuk membatasi kontak dengan anggota rumah tangga lainnya di tengah bertambahnya kasus cacar monyet atau monkeypox.

Pihak berwenang di Inggris sedang meningkatkan upaya untuk mengatasi wabah cacar monyet. Salah satu cara yang ditempuh menyarankan penderita untuk tidur di kamar terpisah dan menggunakan kamar mandi terpisah dengan orang lain.

UKSHA juga menyarankan semua orang dengan cacar monyet untuk memenuhi kriteria berikut sebelum mengakhiri masa isolasi mereka.

  1. Suhu tubuh sudah tidak tinggi selama 72 jam
  2. Semua lesi di bagian tubuh mana pun telah menjadi keropeng dan mengelupas.
  3. Tidak ada lesi baru yang terbentuk dalam 48 jam sebelumnya
  4. Tidak ada luka di mulut
perbedaan gejala cacar monyet dan cacar air (freepik)
perbedaan gejala cacar monyet dan cacar air (freepik)

Orang dengan gejala cacar monyet yang tinggal satu atap dengan orang lain yang sehat, juga disarankan menjalankan langkah-langkah kebersihan yang baik dan benar.

Jika memungkinkan, mereka harus menggunakan ruangan terpisah dan setidaknya berjarak tiga langkah dari anggota rumah tangga lainnya.

Kontak fisik juga harus dihindari, terutama dengan anak kecil, ibu hamil dan individu yang mengalami imunosupresi.

Binatu juga harus disimpan terpisah dari anggota rumah tangga lainnya dan kontak dekat dengan hewan peliharaan juga harus dibatasi.

"Karena risiko tertinggi penularan cacar monyet terjadi di lingkungan rumah," kata UKHSA dikutip dari Express.

Panduan baru menyarankan orang dengan infeksi Monkeypox mengambil langkah-langkah untuk mencoba dan membatasi transisi dengan rumah tangga.

Virus yang terkait erat dengan cacar monyet menyebar di antara manusia melalui kontak dengan keropeng, luka, atau cairan tubuh yang menular.

“Isolasi diri adalah langkah penting untuk melindungi orang lain dari Monkeypox," kata Kepala Penasihat Medis di UKHSA, Dokter Susan Hopkins.

Berita Terkait

Berita Terkini