Info

Jangan Pakai Jam Tangah Setiap Hari, Ini Lho 4 Efek Buruknya!

Pakai jam tangan setiap hari bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Jam tangan (pixabay/cocoparisienne)
Jam tangan (pixabay/cocoparisienne)

Himedik.com - Sebagian besar orang terbiasa memakai jam tangan sehari-hari untuk sekadar aksesoris maupun pengingat agar tepat waktu.

Kebiasaan pakai jam tangan mungkin dipandang hal yang normal dan aman saja. Tapi faktanya, pakai jam tangan terus-menerus setiap hari juga bisa berdampak buruk.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, dampak buruk memakai jam tangan setiap hari.

1. Nyeri pergelangan tangan

Jika Anda tidak pernah melepas jam tangan, tekanan terus-menerus pada saraf di pergelangan tangan dapat menyebabkan sensasi nyeri. Jika jam tangan Anda terlalu besar dan berat, serta Anda memakainya terlalu ketat dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Jika Anda merasakan mati rasa atau kesemutan di pergelangan tangan Anda, cobalah untuk menyesuaikan dan mengendurkan tali jam tangan atau istirahat sejenak dari mengenakan jam tangan Anda.

Ilustrasi pakai jam tangan (Shutterstock).
Ilustrasi pakai jam tangan (Shutterstock).

2. Carpal tunel syndrome

Jika Anda terus mengabaikan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penggunaan jam tangan sepanjang waktu. Hal ini dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak menyenangkan, seperti carpal tunel syndrome.

Kondisi ini disebabkan oleh tekanan saraf yang terus-menerus dan dapat membuat Anda merasakan nyeri dan kelemahan terus-menerus di tangan, bahkan setelah tidak memakai jam tangan.

3. Bekas pada pergelangan tangan

Pakai jam tangan juga menekan kulit dan akan meninggalkan bekas yang gatal. Jika bekas tekanan jam tangan pada kulit itu hilang, maka tidak jadi masalah.

Tapi, bekas merah yang menetap pada kulit selama beberapa waktu itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda mengenakan jam tangan terlalu ketat. Jika Anda tidak mengendurkan tali jam atau memberi kulit Anda kesempatan untuk bernapas, hal itu dapat menyebabkan iritasi dan ruam jangka panjang.

4. Kram otot

Jika Anda memakai jam tangan favorit Anda 24/7, kompresi terus-menerus dari tali jam dapat membatasi sirkulasi darah yang menyebabkan mati rasa.

Pada gilirannya, kurangnya aliran darah bisa menyebabkan kram otot yang menyakitkan dan bahkan memengaruhi kinerja Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini