cancel
Sabtu, 28 Januari 2023

Awas, Ini 5 Kondisi yang Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu yang paling berbahaya untuk jantung.

Yasinta Rahmawati
share on facebook share on twitter share on line share on telegram share on whatsapp copy to clipboard
Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)

Himedik.com - Jantung adalah organ vital tubuh yang membantu memompa darah dan membawa oksigen ke seluruh sistem tubuh. Namun pada saat yang sama, itu juga salah satu yang paling rentan terhadap kerusakan organ. Sebab banyak kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan risiko kerusakan dan penyakit jantung.

Beberapa dari kondisi itu tidak menunjukkan gejala, itulah sebabnya pemeriksaan jantung secara teratur disarankan. Berikut beberapa kondisi yang bisa memicu penyakit jantung, dirangkum dari Suara.com.

1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu yang paling berbahaya untuk jantung. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara global, hampir 1,28 miliar orang dewasa berusia 30-79 tahun menderita hipertensi.

Tekanan darah tinggi, bisa menyebabkan penyakit jantung seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke dan banyak lagi. Ia sering disebut sebagai silent killer karena muncul tanpa gejala tertentu dan terkadang sudah parah.

2. Kolesterol tinggi

Kolesterol adalah zat lilin yang diperlukan tubuh untuk membangun sel-sel sehat, terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan plak juga dikenal sebagai aterosklerosis.

Seseorang yang didiagnosis dengan kolesterol tinggi memiliki timbunan lemak di pembuluh darahnya, yang mempersulit darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri. Endapan ini juga dapat pecah secara tiba-tiba, membentuk gumpalan, yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

3. Diabetes

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), seiring waktu gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung. Mereka yang menderita diabetes juga lebih mungkin memiliki kondisi lain termasuk tekanan darah tinggi, terlalu banyak kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida tinggi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Obesitas

Cleveland Clinic melaporkan obesitas dan kelebihan berat badan berhubungan dengan beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang untuk penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner dan stroke.

Terlepas dari peningkatan tekanan darah, glukosa, dan lipid, laporan WHO menunjukkan kelebihan berat badan dan obesitas juga berkontribusi pada risiko seseorang terkena CVD.

5. Kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat

Para ahli dan dokter terkemuka terus menekankan pentingnya menjalani gaya hidup sehat. Makan sehat, membatasi makanan berminyak, olahan dan manis, melakukan aktivitas fisik secara teratur dan menghindari stres adalah beberapa cara Anda dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.

Sementara kondisi tertentu bersifat genetik, merokok dan minum alkohol adalah kebiasaan gaya hidup yang dapat diubah demi kesehatan dan keselamatan Anda sendiri. Itulah 5 kondisi yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Yuk kelola gaya hidup sehat untuk menghindarinya mulai dari sekarang.

Terkait

Terkini