Info

Hati-hati, 7 Perubahan ini Pada Kuku Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19

Beberapa tanda-tanda pada kuku bisa menjadi gejala virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi gejala virus corona Covid-19 pada kuku. (unsplash)
Ilustrasi gejala virus corona Covid-19 pada kuku. (unsplash)

Himedik.com - Ada beberapa gejala virus corona Covid-19 lainnya yang sering terabaikan, salah satunya perubahan pada kuku. Sebuah penelitian menemukan cara virus corona mempengaruhi kuku jari tangan dan kaki.

Studi mengatakan hingga 20 persen pasien virus corona memiliki manifestasi kulit. Setelah terinfeksi virus corona atau bahkan selama terinfeksi, kelainan pada kuku terlihat pada banyak individu.

Sebanyak 61 studi penelitian dilansir dari Times of India, telah mengkonfirmasi lesi seperti chilblain pada kuku setelah infeksi virus corona Covid-19.

Beberapa penelitian lain menemukan striae kuku horizontal berwarna putih dan kuku cekung yang secara klinis didefinisikan sebagai leukonychia dan garis Beau pada pasien virus corona Covid-19.

Penelitian telah mengaitkan gejala virus corona Covid-19 pada kuku sebagai berikut:

Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)
  1. Lekukan horizontal di atas kuku jari tangan dan kaki
  2. Garis putih di semua kuku
  3. Perubahan warna oranye di ujung dasar kuku
  4. Garis merah-ungu di dasar kuku
  5. Rasa terbakar dan gatal-gatal pada jari tangan dan kaki yang jika berlangsung lama mempengaruhi daerah sekitar dasar kuku
  6. Sensasi kesemutan di kuku jari kaki
  7. Kuku terkelupas yang tidak bisa dijelaskan

Meskipun semua gejala yang disebutkan di atas terlihat pada pasien virus corona, pola bulan sabit merah pada kuku lebih umum terjadi.

Dalam hal ini, pola bulan setengah cincin berwarna merah atau ungu terbentuk di dasar kuku pada orang yang terinfeksi virus corona Covid-19.

Sementara ini penelitian belum menemukan penyebab terjadinya hal ini. Kerusakan pembuluh darah selama infeksi bisa menjadi penyebabnya.

Berita Terkait

Berita Terkini