Info

Sereal Ternyata Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi, Kok Bisa?

Ganti sarapan sereal dengan makanan yang lebih menyehatkan.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi sereal. (Pixabay/ImagesBG)
Ilustrasi sereal. (Pixabay/ImagesBG)

Himedik.com - Tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana kekuatan aliran darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa seperti serangan jantung dan stroke.

Apa yang dimakan memainkan peran besar dalam mengelola tekanand arah. Namun, tidak semua orang paham makanan apa saja yang dapat memicu hipertensi.

Sereal kemasan merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan hipertensi, lapor Times of India.

Gula tambahan dalam sereal dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Makanan ini juga tinggi kalori dan seringnya mengandung gizi yang sangat sedikit.

Sereal dengan pemanis buatan juga dapat menyebabkan diabetes.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

Menurut tinjauan penelitian tahun 2014 di American Journal of Clinical Nutrition yang mempertimbangkan lebih dari 11.000 studi, gula merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Bahkan, sereal 'rendah gula' dapat meningkatan gula darah karena kandungan utamanya adalah karbohidrat olahan. Sementara orang-orang makan dua sampai empat kali lebih banyak dari porsi yang disarankan.

Menurut penelitian, makanan seperti sayuran berdaun hijau, beri, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian, ikan berlemak, buah jeruk, dan wortel dapat membantu mempertahankan tekanan darah yang optimal.

Jadi, disarankan untuk memakan sarapan yang lebih sehat, seperti mengandung sayuran, daripada sereal.

Pilihan sehat lainnya adalah oatmeal. Oat merupakan sumber zat besi, vitamin B, mangan, magnesium, dan seng yang baik.

Berita Terkait

Berita Terkini